• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Eco Enzyme, Cairan dari Gula Merah Bikin Air Sungai Bisa Diminum?

3 January
15:11 2020
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar : Komitmen Pemerintah Provinsi Bali mengelola sampah berbasis sumber yang tertuang dalam Pergub nomor 47 tahun 2019, mulai mendapat dukungan dari masyarakat maupun pegiat lingkungan Pulau Dewata.

Kini pegiat Eco Enzyme Bali mulai blusukan ke desa-desa memberikan pelatihan dan edukasi untuk mengelola sampah organik menjadi cairan 'sapu jagat' serba guna.

Salah seorang penggiat Eco Enzyme Bali, Joko Ryanto kepada RRI mengatakan, sejak 4 (empat) bulan lalu dirinya bersama rekan lainnya memperkenalkan cara mudah mengolah sampah organik yang disebut program Eco Enzyme yang pertama kali dikembangkan Dr. Rosukon Poompanvong dari Thailand dan sudah mendapat penghargaan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Eco Enzyme ini cairan multi fungsi yang dihasilkan dari sampah organik limbah dapur. Proses fermentasinya ini sangat mudah bahannya dari gula merah, air, dan Sampah Organik saja. Lantas dicampur dalam satu wadah dengan penutup kedap udara," jelasnya.

Joko lanjut menuturkan, dari hasil fermentasi Eco Enzyme menghasilkan Gas O3 atau ozon, mengurangi CO2, dan mengurangi pemanasan global. Dampak menakjubkan lagi dari Eco Enzyme adalah mampu memurnikan 1.000 liter air sungai yang terkontaminasi hanya dengan menggunakan 1 (satu) liter cairan 'sapu jagat'.

“Sangat ajaib. Cairan ini disebut cairan 'sapu jagat' dan multi fungsi. Dia menghasilkan Gas O3 atau ozon, mengurangi CO2, dan setiap kita membuat Eco Enzyme sama juga kita menanam 10 pohon,” ungkapnya.

Pegiat Eco Enzyme itu berharap masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan. Salah satunya mencoba menerapkan program eco enzyme tersebut. Ia menambahkan, untuk sosialisasi awal sudah dilaksanakan di Desa Tampak Siring dan dalam waktu dekat pelatihan akan berlangsung di Desa Guwang, Sukawati, Gianyar.

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Miechell Octovy Koagouw

    Miechell Octovy Koagouw Editor RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00