• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Rano Karno : Ria Irawan Sosok Fighter, Berkarakter Sejak Kecil

6 January
20:06 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Bagi aktor kawakan Rano Karno, kepergian sosok Ria Irawan patut dinarasikan dengan 'Berpulang adik tercinta, Adinda Ria'. Dan ini merupakan penghargaan tertinggi Rano kepada sahabatnya itu.

"Buat saya ini yang terbaik setelah sekian puluh tahun. Beliau kena (kanker) sejak 2004 tapi dua tahun belakangan puncak parahnya (penyakit Ria). Tapi luar biasa, dia sempat sembuh di tengah parah-parahnya penyakit yang diderita," ucap Rano karno kepada RRI PRO3 di Jakarta, Senin (6/1/2020).

Memang pernah ada momen dimana Ria tak mau bertemu dengannya. Tapi menurut Rano, itulah Ria yang dikenalnya. Kenapa begitu? Karena menurut Rano, sahabatnya itu tak mau menemuinya bukan karena masalah atau sesuatu hal lainnya, akan tetapi karena merasa sedang 'jelek'.

"Ria itu cantik, tomboy, dan waktu itu dia gak mau ketemu saya, karena dia bilang, 'gak mau abang, saya lagi jelek'," kata Rano menirukan perkataan Ria semasa hidup.

Rano mengaku, dia dan Ria tak pernah bertemu selama 10 tahun terakhir. Akan tetapi, mereka selalu saling komunikasi dengan telepon. Dan setiap ingin berbicara dengan Ria, dirinya pasti bakal menghubungi Dewi Irawan saudara kandung Ria.

"Saya selalu hubungi mbak Dewi Irawan terlebih dahulu jika ingin bicara dengan Ria. Seberapa kenal saya dengan Ria? Waduh, sosok almarhum itu, saya kenal Ria dari kecil. Ayahnya adalah Bambang Irawan itu teman almarhum bapak saya," ujarnya menambahkan.

BACA JUGA: Mayky Wongkar, Suami Luar Biasa Temani Ria Irawan Hingga Akhir

Dirinya juga mengenang dua film yang pernah dibintangi bersama, yakni 'Adikku Kekasihku' dan 'Sekretaris'. Bahkan kata Rano, mereka berdua juga pernah membuat beberapa album duet. Dan hal itu masih membekas diingatan Rano sampai saat ini.

Di mata Rano Karno, sosok Ria Irawan adalah perempuan cantik, tomboy, ceria, survive, dan memang seperti itulah Ria Irawan menurut Rano, apa adanya dia. Sehingga jika Ria mampu bertahan sejak 2004 bergelut dengan penyakitnya, itulah karakter Ria Irawan.

"Kalau dia bertahan, itulah karakter dia. Ria type fighter, sampai akhirnya ia menyerah. Dan tadi subuh saya dnegar dia pergi. Inilah yang terbaik. Mari doakan semoga Allah memberikan tempat yang terbaik," tutup Rano.

BACA JUGA: Ira Maya Sopha : Sosok Ria Irawan Selalu Ada Buat Teman-temannya

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Aktris Ria Irawan dikabarkan meninggal dunia. Kabar itu diketahui dari Komedian sekaligus Sutradara Ernest Prakarsa lewat akun twitternya.

"Baru dapat kabar dari Mbak @dewiirawan13, Mbak @RiaIrawan tersayang sudah berpulang. Selamat jalan Mbak Ria yang baik, sampai jumpa lagi," tulis Ernest, Senin (6/1/2020).

Diketahui, Ria Irawan berobat jalan untuk melakukan kemoterapi di RSCM Jakarta.

Ria mengidap kanker sejak 2004 dan kerap membagikan perjuangannya melawan kanker melalui media sosial.

Merintis karier sejak masih belia, tolok ukur kesuksesan karier akting Ria adalah film Kembang Kertas pada 1984.

Ia pun berhasil jadi nominasi di FFI sebagai Aktris Pendukung Terbaik berkat perannya di film Bila Saatnya Tiba (1985).

Beberapa film yang terakhir melibatkan namanya adalah Wedding Aggrement (2019), Mantan Manten (2019), Bumi itu Bulat (2019), Kuambil Lagi Hatiku (2019) dan Koboy Kampus (2019). (Sumber: Jorike Fitri - RRI PRO3/Foto: fimela)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00