• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Rektor UIN Walisongo Semarang : Anak Milenial Lebih Senang Pelajari Agama Melalui Internet

12 January
11:55 2020
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Era disrupsi atau perubahan dalam pencarian ilmu keagamaan di kalangan milenial perlu disikapi secara serius oleh kalangan perguruan tinggi. Jika salah dalam mengambil sumber informasi, dapat menyebabkan kegaduhan dalam menerapkan ilmu yang diperoleh.

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Imam Taufiq kepada RRI dikampusnya mengatakan, di era sekarang anak muda lebih senang mempelajari agama melalui media internet daripada mengaji kepada Kyai. Padahal ilmu agama diinternet sangat banyak pilihan, disatu sisi belum jelas kualitas penceramahnya.

“Anak muda sekarang cenderung memilih media internet dalam mencari ilmu agama daripada mengaji dengan Kyai atau guru,” keluhnya, Minggu (12/1/2020).

Menyikapi fenomena tersebut, Imam mengatakan telah membentuk tim media untuk menyebarkan dakwah Islam melalui virtual. Tim ini akan aktif menyebarkan ajaran Islam dari kampus melalui media internet seperti web, youtube dan sebagainya.

“Kami bentuk tim moderasi media untuk aktif mengupload informasi, data, link, video ke internet untuk menambah khazanah masyarakat terutama dibidang ilmu agama,” ujarnya.

Dijelaskan, sumber informasi tentang agama dari internet cenderung dikuasai oleh orang yang tidak mempunyai otoritas maupun kualitas. Akibatnya, agama disebarkan secara serampangan tanpa didasari literasi atau panduan dari guru yang mumpuni. 

“Ajaran agama diinternet seperti makan prasmanan, apa saja ada, tinggal ambil dan makan. Namun tidak semuanya bergizi, bahkan ada yang bikin sakit perut. Disinilah pentingnya kami hadir dimedia online, untuk memberi warna dakwah, pembanding dari ajaran-ajaran yang disebarkan di internet,” tutupnya. 

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Mosita Dwi Septiasputri

    Mositadwis@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00