• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Bawaslu Surati Bupati Sumenep Soal Dugaan Mirip ASN Sebar Kalender Bacabup

14 January
15:36 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sumenep: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan mengirim surat kepada Bupati A Busyro Karim supaya mengeluarkan imbauan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan untuk menjaga netralitas dalam Pilkada yang 2020. Rencana Bawaslu itu menyusul adanya informasi penyebaran sejumlah kalender Bakal Calon Bupati (Bacabup) oleh seorang perempuan menggunakan pakaian menyerupai seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Puskesmas Pandian, Kecamatan Kota.

”Tentu, Bawaslu tidak akan diam walaupun untuk saat ini tidak bisa dikatakan sebagai pelanggaran pemilu. Sesegara mungkin kami akan berkirim surat kepada Bupati,” kata Anggota Bawaslu Sumenep, Imam Syafie, Selasa (14/1/2020).

Menurut Imam, saat ini Bawaslu belum bisa memproses  dugaan penyebaran kalender Bacabup yang menggunakan pakaian mirip seragam ASN tersebut. Alasannya, belum ada penetapan pasangan calon bahkan tahapan pendaftaran kepala daerah pun belum dimulai.

”Kecuali, apabila kasus tersebut dinilai merugikan pihak tertentu terutama peserta pemilu lainnya bisa diproses ketika sudah memasuki penetapan Calon. Kalau sekarang, karena belum ada penetapan, tidak bisa diproses,” jelasnya.

Lebih lanjut Imam juga menyatakan sesuai aturan ASN dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis atau berafiliasi dengan partai politik. Pihaknya berharap Instansi terkait seperti Inspektorat di Pemkab mengingatkan jajarannya supaya menjaga independensinya sebagai ASN dalam Pilkada nanti.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00