• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Waspada Potensi Gempa di Pantai Selatan Bali Capai M 8,8

16 January
10:59 2020
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar:  Gempabumi tektonik  berkekuatan magnitudo 3,4 dirasakan di Kabuapten Karangasem, pagi ini pukul 06.13 WITA.  Berdasarkan  hasil analisa BMKG episenter gempabumi tersebut terletak pada  jarak 23 km tenggara Karangasem, Bali pada kedalaman 13 km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman  hiposenter gempabumi yang terjadi  merupakan jenis  gempabumi dangkal akibat  aktifitas sesar lokal aktif.

Kepala Subbidang Pengumpul dan Penyebaran  BMKG Wilayah III Denpasar Dwi Hartanto dikonfrimasi RRI di Denpasar , Kamis (16/01/2020)  mengatakan   berdasarkan laporan masyarakat dampak gempabumi dirasakan guncangan  di wilayah Karangasem. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Melihat potensi gempabumi  di wilayah tersebut paling besar hingga mencapai 7,1.

“ Jika melihat magnitudo gempanya tidak terlalu besar sehingga dampaknya tidak terlalu kelihatan, namun  jika dilihat dari catatan potensi gempa dilokasi tersebut bisa mencapai 7,1,” terangnya.

Selain itu, berdasarkan pemetaan wilayah rawan gempabumi di Bali, BMKG menyebut bahwa gempa Megathrust bermagnitudo besar berpotensi terjadi di pantai selatan Bali. Lautan yang berada di pantai selatan Bali memiliki potensi bencana gempa bermagnitudo 8,8 dengan potensi  tsunami hingga ketinggian 6 meter diwilayah Kuta, 5 meter di wilayah peraian Nuda Dua hingga Nusa Penida. Untuk itu masyarakat yang bermukim diwilayah potensi gempabumi dan tsunami diharapkan  dapat selalu waspada.

“ Jika  merasakan gempa yang kuat dan lama  sebaiknya langsung  melakukan evakuasi, jika seandainya di hotel  langsung  cari  lantai yang lebih tinggi atau titik kumpul,” jelasnya.

Kendatipun tidak ada yang pernah tau kapan pastinya gempabumi tersebut akan terjadi,  BMKG dan lembaga terkait lainnya  terus melakukan  upaya antisipasi dan kesiapsiagaan.  Mulai dari sosialisasi   gempa bumi di sekolah-sekolah, hotel hingga  pengelola pariwisata. Selain itu sarana prasarana pendeteksi gempa, sirine tsunami dan lainnya.

  • Tentang Penulis

    Ida Ayu Frischa Mahayani

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Tsalisa Nur Aini

    Tsalisa 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00