• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Margarito Kamis : DKPP Lihat Kasus Wahyu Setiawan Perbuatan Biasa

16 January
18:47 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis menilai, putusan dengan sanksi pemberhentian tetap dan bukan pemberhentian secara tidak hormat menandakan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memandang persoalan yang menjerat Wahyu Setiawan merupakan tindakan yang biasa.

DKPP  sendiri resmi memberhentikan Wahyu Setiawan sebagai komisioner KPU, Kamis (16/1/2020) tadi siang. 

"Cara pandang DKPP ini merupakan tindakan biasa saja. Memandang soal biasa saja, bukan merupakan cacat moral yang besar. Padahal DKPP mengadili soal moral etik," ungkap Margarito, kepada Pro3 RRI, Kamis (16/1/2020).

Margarito menyebut, tentu jenis pemberhentian itu dua hal yang berbeda. Meski demikian dia menghargai atas putusan yang cepat dari DKPP itu. Dan sanksi pemberhentian tetap Wahyu telah menjatuhkan hukuman moral terhadap dirinya.

"Apapaun itu menurut saya itu juga hukuman moral yang menyedihkan dan berat. Yang penting ini luar biasa cepat pemberhentiannya," ungkapnya.

BACA JUGA : DKPP Resmi Berhentikan Wahyu Setiawan Sebagai Penyelenggara Pemilu

Usai melakukan sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik Wahyu Setiawan dilaksanakan sejak Rabu (15/1/2020).

Hari ini DKPP memutuskan memberhentikan secara tetap Wahyu Setiawan dari jabatan Komisioner KPU RI. Itu setelah Wahyu terbukti melanggar sumpah jabatan dan kode etik penyelenggara Pemilu.

"Memutuskan, mengabulkan pengaduan para pengadu untuk seluruhnya. Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Teradu Wahyu Setiawan selaku Anggota KPU RI sejak putusan ini dibacakan," ucap Ketua Majelis DKPP Muhammad, dalam pembacaan amar putusan di ruang sidang DKPP. (Foto : Ant)

  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00