• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Masinton Desak Dewas KPK Usut Bocornya Dokumen Internal KPK

16 January
18:51 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu mengungkapkan ada orang yang membocorkan dokumen internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada dirinya.

Ia menceritakan, pernah ada orang yang menghampirinya di Gedung DPR yang memberikan sebuah dokumen yang rupanya surat perintah penyelidikan KPK yang sampai ke tangannya

“Ada seseorang yang menghampiri saya di Gedung DPR dan memperkenalkan diri bernama Novel Yudi Harahap, kemudian memberikan sebuah map yang disebutkannya sebagai bahan pengaduan masyarakat kepada Anggota Komisi III DPR RI,” kata Masinton, Kamis (16/1/2020).

Dirinya menuturkan, orang yang tak dikenalnya itu langsung pergi usai menyerahkan map tersebut kepada politikus PDIP itu.

Adapun surat perintah penyelidikan KPK yang sampai ke tangannya bernomor 146/01/12/2019, tertanggal 20 Desember 2019 yang ditandatangani mantan Ketua KPK Agus Rahardjo.

“Saya awalnya tidak langsung membuka isi map karena masih ada pekerjaan. Setelah itu, saya buka map bersamaan dengan surat dan dokumen lain. Sejenak saya juga sempat bertanya dalam hati kenapa dokumen internal KPK bisa sampai ke pihak eksternal?” ungkapnya. 

Untuk itu, Masinton mendesak Dewan Pengawas KPK mengusut oknum pembocor dokumen internal lembaga antirasuah tersebut. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan demi menjaga integritas KPK.

“Pembocoran dokumen internal KPK ke pihak luar harus tetap diselidiki oleh Dewan Pengawas dan Komisioner KPK. Ini demi integritas penegakan hukum dan pemberantasan korupsi yang dikerjakan oleh KPK tidak disalahgunakan," tegasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00