• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Dakwaan Pemakzulan Trump Lanjut ke Sidang Senat AS

16 January
19:08 2020
0 Votes (0)

KBRN, Amerika Serikat: Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat telah menyepakati resolusi untuk meneruskan dakwaan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump ke Senat.

Kesepakatan resolusi yang didukung 228 suara melawan 193 lintas partai ini sedianya akan dilanjutkan untuk dibawa ke tahap sidang senat.

Ketua DPR Nancy Pelosi meneken salinan dakwaan pemakzulan itu bersama dengan sekelompok anggota parlemen dari Partai Demokrat, partai penguasa parlemen AS, yang akan menuntut Presiden Trump.

“Senat yang sekarang dikendalikan oleh Partai Republik, akan memutuskan apakah mereka akan menyatakan Trump bersalah dan mencopotnya dari jabatan presiden,” jelas Nancy dilansir dari BBC, Kamis (16/1/2020).

Saat konferensi pers sebelum penandatanganan dakwaan, Nancy mengatakan bahwa akan tercipta sejarah mengantarkan dakwaan pemakzulan terhadap presiden AS atas penyalahgunaan kekuasaan dan upaya menghalangi DPR. 

“Dakwaan-dakwaan tersebut sekarang sedang dalam proses untuk diteruskan ke Senat, majelis tinggi Kongres. Senat akan secara resmi menerimanya pada hari Kamis,” ucapnya.

Diketahui, Presiden Trump dituduh menyalahgunakan kekuasaan dan menghalangi Kongres.

Ia membantah telah berusaha menekan pemimpin Ukraina dalam panggilan telepon pada 25 Juli tahun lalu untuk membuka penyelidikan terhadap bakal calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Trump telah menyebarkan klaim korupsi yang tidak berdasar tentang Biden sewaktu menjabat wapres dan putranya, Hunter, yang menerima posisi dewan di sebuah perusahaan energi Ukraina saat ayahnya menangani hubungan Amerika-Ukraina.

Suami dari Melania Trump itu akan menjadi presiden ketiga yang menjalani sidang pemakzulan di Senat dalam sejarah pemerintahan di Negeri Paman Sam.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00