• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Warga Kampung Sima Nabire Merindukan Listrik Desa

16 January
23:45 2020
0 Votes (0)

KBRN Nabire : Warga kampung Sima Distrik Yaur Nabire sangat mengharapkan adanya listrik desa (lisdes) di daerahnya. Pasalnya sudah sekian tahun pemerintah belum memenuhi kebutuhan listrik untuk masyarakat kampung Sima.

Warga Kampung Sima Isak Samuel Numberi menjelaskan sudah sekian tahun warga kampung sima selalu gelap dikala malam hari sementara untuk di siang hari mereka membutuhkan listrik untuk aktifitas yang membawa manfaat untuk kepentingan keluarga dan juga pemerintahan kampung umumnya.

Bukan tanpa alasan masyarakat sangat menginginkan adanya listrik desa di daerahnya. Karena dengan adanya listrik dapat bermanfaat untuk produktivitas kampung seperti di sektor pertanian maupun industri kerajinan rakyat. "Dengan adanya listrik desa, kami masyarakat pedesaan tidak hanya sekedar menikmati dan merasakan lampu listrik, tetapi juga berupaya untuk meningkatkan taraf hidup kami sebagai masyarakat kampung," ujar Isak Numberi, saat ditemui RRI di kampung Sima, Kamis (16/01/20) pagi.

Hal senada juga disampaikan warga Sima lainnya Yohanes Rarawi. Diungkapkannya dalam program pemerintah kampung melalui dana desa sempat mengadakan mesin genset berukuran besar untuk dipakai di lima RT untuk kampung sima, namun seiring berjalannya waktu, warga tidak mampu membiayai dana operasional mesin tersebut sehingga pelayanannya menajadi macet. Sementara sempat dari PT PLN Nabire sempat melakukan survei namun hingga saat ini belum ada informasi kapan akan diadakan pembangunan fasilitas kelistrikan di kampung sima.

Sementara itu ketika dikonfirmasi RRI Kepala Distrik Yaur, Petrus Sadi menjelaskan, keinginan untuk menghadirkan listrik desa saat ini juga menjadi programnya, dan upaya yang sudah dilakukannya yaitu berkoordinasi dengan pihak PLN Nabire.

"Untuk menghadirkan listrik desa pada prinsipnya harus melalui kajian-kajian dari pihak berkompoten yaitu PT PLN. Kemudian selanjutnya akan menyiapkan proposal yang akan di dorong bersama oleh pemerintah Distrik, DPRD dan juga pemerintah daerah kepada pemerintah pusat melalui kementerian desa," Ujar Kepala Distrik Yaur, Petrus Sadi.

Kepala Distrik Yaur Petrus Sadi menambahkan sudah seharusnya kampung Sima memiliki listrik desa dan sangat diharapkan hal ini dapat di dorong bersama oleh pemerintah Kampung, DPRD dan juga Pemerintah Daerah untuk selanjutnya dapat dikerjakan oleh kementerian desa. Dan masyarakat kampung sima bisa menikmati listrik.

(Keterangan Foto : Warga Kampung Sima, Yohanes Rarawi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00