• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BMKG Pasang Seismograf Pantau Gempa Bumi

17 January
13:56 2020
1 Votes (4)

KBRN, Pangkalpinang : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan memasang alat pengukur dan pencatat gempa bumi seismograf di 3 (tiga) kabupaten di Pulau Bangka.

Pemasangan perlu dilakukan sebagai antisipasi dini dalam melakukan pemantauan dan analisa jika terjadinya gempa bumi, dimana untuk lokasi yang memenuhi persyaratan dan rawan dari 7 kabupaten / kota di Kepulauan Bangka Belitung yakni Kabupaten Bangka, Bangka Barat dan Bangka Selatan.

Kasi Observasi BMKG Pangkalpinang Eko Taufik Salamanto menjelaskan untuk pemasangan alat deteksi gempa bumi, pihaknya sudah menyurati kepala daerah masing - masing guna menentukan titik lokasi sensor yang harus memenuhi persyaratan sesuai arahan yang disampaikan BMKG Pusat.

"Untuk pemasangan sensor tentu memenuhi persyaratan lokasi, keamanan dan bebas dari banjir serta tanah longsor, ini pertemuan di kantor gubernur, pemda dan BPBD masing – masing sudah kita sampaikan surat resmi, alhamdulilah dapat respon positif," jelas Eko, Jumat (17/1/2020).

Untuk penentuan pemasangan nantinya, BPBD bersama BMKG melakukan survei lokasi yang mudah dijangkau dan aman.

"Sensor ini akan kita tempatkan disebuah bangunan center, kita tarok di situ, komunikasi melalui satelit, data yang tercatat di realtime kita catat di pusat gempa bumi di Jakarta, dari pusat akan menyampaikan ke stasiun koordinasi kita," jelas Eko.

Pemasangan seismograf ini, dikatakan Eko, menindaklanjuti amanah Peraturan Presiden Nomor 93 tahun 2019 yang dikeluarkan tanggal 31 Desember 2019, salah satu yang diamanahkan penguatan tentang informasi gempa bumi dan tsunami, dan BMKG merespon dengan penguatan pembangunan sensor seismograf di seluruh Indonesia.
Tahun 2020 ada 198 lokasi yang akan dipasang, termasuk 3 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Karena untuk sementara gempa bumi belum bisa diramalkan atau diprediksi, sehingga pada saat itulah upaya tanggap pusat gempa nasional untuk melakukan pemantauan dan analisa akan terjadinya bencana tersebut.

Seismograf adalah sebuah perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. Pada prinsipnya, seismograf terdiri dari gantungan pemberat dan ujung lancip seperti pensil. Dengan begitu, dapat diketahui kekuatan dan arah gempa lewat gambaran gerakan bumi yang dicatat dalam bentuk seismogram.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00