• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polres Bogor Amankan 40 Motor Dari 16 Kawanan Curanmor Lintas Propinsi

17 January
14:35 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Satreskrim Polres Bogor kembali mengungkap jaringan pelaku pencurian dan penadah kendaraan bermotor di wilayah hukumnya, jumat (17/1/2020).

16 tersangka di amankan yang 10 di antaranya penadah dengan wilayah operasi Cianjur, Indramayu dan Sukabumi.

Kapolres Bogor AKBP Muhamad Joni di damping Kasat Reskrim AKP Benny Cahyadi mengungkapkan 1 dari kawanan pelaku pencuri AR (39)  di tembak kaki kirinya saat di bekuk petugas. Selain itu di balik aksi kejahatan itupun ada 1 otak pelaku penadah bernama L di ketahui adalah pegawai lapas di Indramayu Jawa Barat.

L sebelumnya juga demosi dari pindahan lapas Gunung Sindur Bogor. Selain melibatkan oknum petugas lapas Polres Bogor juga mendalami 2 senjata api organic dan rakitan yang di bawa pelaku saat menjalankan aksinya.

"Kami mendalami kasus tersebut berawal dari 2 tersangka dan dibkembangkan menjadi 4 dan akhirnya kita ungkap sampai ke penadahnya dan 1 orang penadah menjalankan operasinya melalui jaringan residivis dan sebagian pelaku yang di ungkap juga residivis mereka bagian pemetik atau pencuri di tempat parkir,” jelas Kapolres Bogor, Jumat (17/1/2020).

Komplotan yang di kenal dengan nama jaringan Lampung Timur tersebut berkolaborasi dengan sindikat Jawa Barat. Dari aksi itupun di dapat 40 kendaraan roda 2 beserta alat bukti lainnya seperti 2 pucuk pistol otomatis dan rakitan plus 20 butir peluru,  Serta kunci leter T untuk membongkar motor yang terkunci dan plat nomor palsu serta 10 buah HP. 

Hasil curian selain di jual dalam bentuk utuh juga di preteli di jual terpisah ke pasar onderdil di wilayah jabodetabek.

Selain meringkus pelaku tindak pencurian kendaraan bermotor anggota polres Bogor juga mengembalikan beberapa kendaraan yang di curi dari  pemiliknya.  1 dari 7  pemilik secara simbolis di antaranya adalah Indra warga Pabuaran Cibinong.  Kendaraan matic yang baru lunas itupun akhirnya dapat di temukan oleh polisi.

"Terima kasih pak kapolres terima kasih pak kasat motor saya kembali,” ujar Indra.

Polres Bogor juga membuka layanan bagi warga yang kehilangan sepeda motornya. Dengan menunjukan bukti kepemilikan kendaraan bermotor. 16 tersangka yang di amankan itu di jerat dengan 2 pasal berlapis yakni Pidana Pencurian dengan Pemberatan pasal 480 dan 481 KUH Pidana dengan ancaman 7 tahun penjara dan Undang Undang Darurat nomor 12 tahun 1959 dengan ancaman 20 tahun penjara. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00