• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Kemendagri Akan Cek Langsung Pencairan Anggaran Daerah Pilkada 2020 di Daerah

17 January
15:36 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Mendagri, Tito Karnavian menyampaikan soal perkembangan terkini dari proses pencairan anggaran daerah untuk pilkada 2020 mendatang. Tito mengaku telah melihat langsung seluruh alokasi anggaran yang ada di daerah. 

"Ya sudah kita lihat semua alokasi sudah kita ajukan arahan harus dialokasikan di dalam APBD mereka," ungkap Tito di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Mekanismenya Tito menyebutkan pihaknya akan melakukan pengecekan anggaran di daerah ini di tingkat Provinsi, sementara Provinsi juga melakukan pengecekan anggaran di tingkat Kabputen/Kota.

Meski Begitu, Tito mengakui kementeriannya juga memiliki jajan inspektorat yang berhubungan langsung dengan Kabupaten/Kota. Sehingga nanti dia akan mengutua Dirjen Kemendagri langsung untuk ikut melakukan pengecekan.

"Kita review di tingkat provinsi, provinsi nanti mereview kabupaten kota. Tapi kita memiliki jajaran inspektorat yang memiliki garis langsung dengan provinsi kabupaten/kota, jadi nanti Dirjen Kemendagri saya minta untuk mengecek dan meyakinkan bahwa anggaran tersebut masuk," jelas Tito.

Seperti diketahui pendengar, tahun ini KPU akan kembali menggelar Pilkada Serentak tepatnya pada tanggal 23 September 2020 mendatang. Ada sebanyak 270 daerah yang akan mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah ini dengan total anggaran pelaksanaan mencapai 15 triliun rupiah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00