• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Pemkab Subang Tuntaskan Perbaiki TPA Panembong Yang Sempat Longsor Pada Pekan Lalu

17 January
15:51 2020
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Pemkab Subang langsung melakukan perbaikan TPA Panembong, yang sempat longsor saat terjadi hujan lebat pada Kamis (9/1/2020) lalu.

Akibat longsor sampah di TPA Panembong tersebut, membuat sampah dari TPA terbawa hanyut ke aliran sungai Cileuleuy. Sehingga mengotori aliran sungai Cileuleuy, dan sejumlah aliran sungai lainnya di Subang Kota, bahkan sampah dari TPA Panembong itu sampai ke Pantura.

Menurut Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, bekas longsor sampah di TPA Panembong itu, Pemkab Subang tidak bisa membiarkan begitu saja, karena akan berdampak buruk terhadap kondisi lingkungan, bahkan mengakibatkan sejumlah aliran sungai kembali mengalami sidementasi, hingga berujung ke masalah banjir di Pantura.

"Persoalan longsor sampah di TPA Panembong ini tidak bisa kita biarkan berlarut-larut, maka kita bertindak cepat melakuan perbaikan, sebagai upaya antisipasi. Bahkan apa yang sudah kita lakukan bersama masyarakat dan TNI/Polri beberapa waktu lalu, melakukan normalisasi itu menjadi sia-sia," ujar Agus kepada wartawan di Subang, Jum"at (17/1/2020).

Perbaikan TPA Panembong itu kata Agus, menggunakan anggaran yang bersumber dari anggaran tak terduga (ATT).

"Kita waktu itu langsung menggelar rapat, karena longsor sampah di TPA Panembong itu merupakan bencana, maka kita gunakan anggaran dari ATT untuk memperbaiki TPA tersebut," jelasnya.

Dengan diperbaikinya TPA Panembong itu diharapkan Agus, tidak menjadi berlarut-larutnya, persoalan sampah yang mengotori sejumlah aliran sungai yang sudah dinormalisasi, sekaligus tidak mengakibatkan bencana banjir Pantura. Terlebih saat ini memasuki perayaan imlek, intensitas curah hujan akan semakin tinggi.

"Saya tidak ingin persoalan longsor sampah di TPA Panembong ini, menjadi bencana besar di Subang, semoga apa yang kita lakukan hari ini, bisa meminimalisir bencana banjir di Pantura," pungkas Agus.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00