• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Gelar Rekontruksi Dugaan Suap Walikota Medan Nonaktif Dzulmi Eldin

17 January
17:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kegiatan rekontruksi pada kasus dugaan suap walikota Medan nonaktif Dzulmi Eldin, pada Jumat (17/1/2020) siang.

Hal itu dibenarkan pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri melalui pesan singkat Wassap jumat sore. 

"Kegiatan rekonstruksi dalam perkara dugaan suap walikota medan ZE," tulisnya dalam isi pesan singkat wartawan.

Dijelaskan Fikri rekontruksi dilakukan untuk melengkapi berkas perkara serta memeroleh gambaran utuh terkait dengan rangkaian peristiwa dugaan penerimaan uang suap.

" (rekontruksi) dilakukan untuk  melengkapi berkas perkara dan memperoleh gambaran utuh terkait dengan rangkaian peristiwa dugaan penerimaan uang suap tersebut," jelas Fikri.

Untuk kegiatan rekontruksi dilakukan di sejumlah lokasi di kota Medan, salah satunya di sekitar hotel Swissbell yang berada di Jalan Gajah Mada Medan.

"Dilakukan di beberapa tempat di kota Medan antara lain di sekitar hotel swissbell Medan," ungkapnya.

Sebelumnya seorang tamu hotel swissbell Anto membenarkan ada beberapa orang menggunakan rompi bertuliskan KPK melakukan kegiatan reka ulang di depan hotel dengan dikawal sejumlah personel polisi dari tim Shabara Polrestabes Medan.

Dirinya melihat proses kegiatan itu sekitar pukul 14.00 Wib.

"Tadi saya sempat lihat mereka di depan sini kayak lakukan adegan ulang gitu. Mereka pakai rompi KPK sekitar jam 2 siang gitu," ucap Anto.

Bahkan dirinya juga sempat melihat satu orang yang menggunakan rompi oranye dengan bertuliskan Tahanan KPK yang diduga mirip dengan mantan Kadis PU Medan Isa Ansyari yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap tersebut.

“Ada satu orang pakai baju oranye. (Isa) mirip ini fotonya. Dia saya lihat sempat merokok di cafe hotel itu," ujarnya. 

Hingga pukul 18.15 wib, tim penyidik KPK diduga bersama Isa masih berada di dalam hotel, untuk melengkapi berkas perkara. Sementara suasana di luar hotel, sejumlah personel kepolisian dari Shabara Polresta Medan dilengkapi senjata laras panjang tampak berjaga - jaga. (Joko Saputra)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00