• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Lahan Suaka Margasatwa Terbakar 10 Hektar, Hewan Prioritas Diselamatkan

17 January
18:12 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Kebakaran hutan dan lahan terjadi di kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, Bengkalis, Riau. Sampai saat ini api belum berhasil dipadamkan. 

Kabid Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro mengatakan, kebakaran di kawasan ini sudah terjadi sejak Rabu, 15 Januari 2020 lalu. Kobaran api juga diinformasikan menghanguskan lahan seluas 10 hektar. 

"Tim di lapangan sedang berusaha melakukan pemadaman. Ada beberapa elemen turut memadamkan dari KLHK Riau, TNI-Polri, Manggala Agni dan sejumlah perusahaan (swasta) ikut terlibat pemadaman," ungkap Heru, Jumat (17/1/2020). 

Cuaca panas terik di lokasi menjadi penyebab terbakarnya hutan dan lahan. Meski begitu, upaya pemadaman terus dilakukan agar kobaran api tidak meluas. 

Selain itu, sumber air yang sulit juga menjadi kesulitan tim melakukan pemadaman. 

"Tadi sudah didatangkan dua alat berat eskavator ke lokasi membuat embung air dan menyekat api. Selain itu pemadaman juga menggunakan lima unit mesin pemadam," jelasnya. 

Sementara itu, tim lain juga mendapat bagian memeriksa satwa yang hidup di dalam kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil yang terkena dampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

"Lahan yang terbakar ini kan areal kebun dan semak belukar. Jadi dari analisis di lapangan tidak ada satwa yang menjadi korban. Mereka sudah lari menjauhi kebakaran," pungkasnya. 






  • Tentang Penulis

    Santi Yunas

    Reporter <br />

  • Tentang Editor

    Miechell Octovy Koagouw

    Miechell Octovy Koagouw Editor RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00