• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Budayawan Akui Raja Ratu Abal-Abal Sosok Kharismatik

17 January
19:28 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Budayawan Bayu Dardias Kurniadi mengakui bahwa para tokoh yang sekejab menjelma menjadi raja dan ratu kerajaan baru, merupakan sosok yang kharismatik.

"Saya akui mereka pemimpin kharismatik. Paling tidak untuk pengikutnya," ungkap Bayu yang juga mengajar di Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) ini pada Pro3 RRI, Jumat (17/1/2020).

Bahkan, kata Bayu, sosok itu terkesan dekat dengan mistis, seperti memiliki ilmu gendam, atau hipnotis. Meski demikian, kepercayaan untuk mematuhinya juga membutuhkan waktu yang panjang.

"Mereka punya ilmu gendam, hipnotios, tapi proses yang panjang. Dugaan saya seperti itu, yang saya temui memang kalau kita face to face mereka carming mempersona. Membuat orang percaa, itu memang kelebihan mereka saya akui itu," kata dia.

Menurut Bayu, para pengikut biasanya berusia lanjut yakni antara 40 atau 50 tahun ke atas. Dimana masa yang cenderung mengalami tingkat stres yang tinggi.

Sebelumnya Bayu menyebut kemunculan berbagai macam kerajaan di Indonesia bukan lah sesuatu berita yang baru. Setelah mendapatkan banyak pengikut, tujuan meraup keuntungan pribadi menjadi tujuannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00