• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Meresahkan Masyarakat, Puluhan Pelaku Kejahataan Jalanan Diringkus Polres Jember

17 January
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jember : Sebanyak 34 orang tersangka pelaku kriminalitas yang kerap meresahkan masyarakat di Kabupaten Jember, berhasil diringkus oleh jajaran Satreskrim Polres Jember. Para tersangka merupakan pelaku dari serangkaian peristiwa kejahatan jalanan meliputi Pencurian Pemberatan, Pencurian dengan Kekerasan, Pemerasan, Penganiayaan dan Prostitusi yang terjaring sejak awal Januari 2020.

"Dari 34 orang tersangka yang kami ringkus di bulan Januari ini, 25 orang tersangka kita titipkan di Lapas Jember, dan ada 9 tersangka yang ditahan Mapolres Jember," ujar Kapolres Jember AKBP Alfian Nurizzal saat mengelar rilis di Mapolres Jember, Jumat (17/1/2020).

Menurut Alfian,selama periode Januari 2020, trend angka kriminalitas yang terjadi diwilayah hukum polres jember relatif turun jika dibanding pada priode Desember 2019.

"Sesuai atensi Bapak Kapolda Jatim, kasus kejahatan jalanan yang kita ungkap ada sebanyak 6 kasus pencurian dengan pemberatan, 3 kasus penganiayaan, sedangkan kasus pemerasan, pencurian dengan kekerasan, kepemilikan sajam masing-masing 1 kasus dan prostitusi ada 3 kasus," paparnya. 

Selain mengamankan 34 orang tersangka, Secara priodik kedepan jajaran Polres Jember berkomitmen untuk terus menekan dan mengantisipasi kasus kejahatan yang meresahkan masyarakat. Polisi juga turut menyita barang bukti dari penanganan serangkaian kasus kejahatan jalanan itu. 

"Barang bukti yang kita sita diantaranya 3 buah sajam, 1 sepeda motor, 23 unit handphone, dan 460 batang pipa besi dan 1 unit mobil pick up," imbuhnya. 

Dalam upaya meminimalisir angka kejahatan diwilayah Hukum Polres Jember, AKBP Alfian Nurizzal turut menghimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif melaporkan kepada pihak kepolisian saat terjadi aksi kejahatan. Upaya tersebut diharapkan dapat membantu pihak kepolisian untuk cepat menangkap dan menindak tegas para pelaku kejahataan jalanan. 

"Tips bagi masyarakat agar terhindar dari aksi para pelaku kejahatan jalanan, jangan berkendara sendiri saat melintasi kawasan sepi atau kawasan rawan kejahatan khususnya bagi perempuan, segera lapor ke kantor polisi terdekat saat menjadi korban kejahatan, sehingga polisi dapat dengan cepat menindak lanjuti dan menangkap para pelaku kejahatan," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00