• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Peringati Hari K3, Anies Baswedan: Keselamatan dan Kesehatan Adalah Prioritas

17 January
20:25 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja harus menjadi prioritas utama. Karena itu ia berharap agar pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini bukan hanya seremonial, melainkan perlu ditumbuhkan kesadaran pekerja yang diwujudkan dalam langkah-langkah nyata.

"Saya garis bawahi di sini, bahwa apapun yang dikerjakan dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keselamatan dan kesehatan adalah prioritas yang utama," tegas Gubernur Anies saat membuka rangkaian kegiatan Bulan K3 DKI Jakarta 2020, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Kegiatan Upacara Bulan K3 ini merupakan tindak lanjut Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 328 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2020. Tepat 50 tahun, sejak UU Keselamatan Kerja Nomor 1 Tahun 1970 dicanangkan, tahun 2020 ini merupakan momen yang tepat untuk mewujudkan masyarakat Jakarta yang mandiri dan berbudaya K3.

Anies sampaikan kepada semua pihak agar pencanangan Bulan K3, jangan jadi seremonial saja. Tapi kesadarannya itu harus diwujudkan dalam langkah nyata di tempat kerja, juga di antara rumah dan tempat kerja.

"Soal keselamatan, kesehatan itu bukan soal kecil, itu soal paling utama. Safety first, nomor satu adalah keselamatan. Ini harus kita tumbuhkan sama-sama, sehingga kesadaran soal keselamatan itu benar-benar hadir," kataanya.

Menurut Anies, pelaksanaan kegiatan K3, diharapkan menjadi upaya mendorong partisipasi aktif masyarakat pekerja, pengusaha, dan kelompok masyarakat lainnya dalam mengimplementasikan K3 dalam setiap aktivitas kerja; serta menjadikan K3 sebagai kebutuhan dasar dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja.

Sementara sasaran yang ingin dicapai meliputi turunnya tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, terciptanya tempat kerja yang aman, nyaman dan efisien untuk mendorong produktivitas, dan terwujudnya kemandirian masyarakat berbudaya K3.

Tepat 50 tahun, sejak UU Keselamatan Kerja Nomor 1 Tahun 1970 dicanangkan, tahun 2020 ini merupakan momen yang tepat untuk mewujudkan masyarakat Jakarta yang mandiri dan berbudaya K3.

Bulan K3 Nasional 2020 mengambil tema pokok “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”. Sementara, sub tema yang merupakan tema untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta yaitu “Mewujudkan Kemandirian Masyarakat Jakarta Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)” dengan tagline “Nyok Kite Kerja Selamat.” Rangkaian kegiatan Bulan K3 dimulai tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2020 dengan implementasi kegiatan yang akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Pelaksanaan kegiatan K3, diharapkan menjadi upaya mendorong partisipasi aktif masyarakat pekerja, pengusaha, dan kelompok masyarakat lainnya dalam mengimplementasikan K3 dalam setiap aktivitas kerja; serta menjadikan K3 sebagai kebutuhan dasar dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja. Sementara sasaran yang ingin dicapai meliputi turunnya tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, terciptanya tempat kerja yang aman, nyaman dan efisien untuk mendorong produktivitas, dan terwujudnya kemandirian masyarakat berbudaya K3.

Adapun Program-program kegiatan Bulan K3 di wilayah Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 meliputi:
A. Kegiatan yang bersifat strategis
1. Upacara Bulan K3 di GOR Soemantri Brodjonegoro Hall A – Kuningan – Jakarta pada hari Jum’at tanggal 17 Januari 2020 pukul 07.00 WIB dengan peserta 2.000 orang pekerja
2. Penganugerahan Duta Seni K3 DKI Jakarta kepada Tokoh Seniman Didi Kempot pada hari Minggu tanggal 19 Januari 2020 pukul 19.00 WIB bertempat di Britama Arena Sport Kelapa Gading Jakarta Utara y ang akan dihadiri 3.000 orang pekerja
3. Launching Online System pelayanan permohonan Surat Keterangan Layak K3, sebagai bentuk peningkatan layanan publik di bidang K3.

B. Kegiatan yang bersifat Promotif
1. Sosialisasi melalui media cetak dan elektronik
2. Pemasangan bendera K3, Spanduk dan umbul-umbul K3 di tempat kerja
3. Gowes ”Jakarta Safety Excellence” guna mendukung program gerakan masyarakat sehat (GERMAS) dan Jakarta Langit Biru serta Bazar PKT/ UMKM yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 9 Februari 2020 pukul 06.30 WIB bertempat di Velodrome Rawamangun dengan peserta kurang lebih 3.000 orang
4. Stikerisasi Bus Transjakarta pada 13 koridor

C. Kegiatan yang bersifat implementatif
1. Penghargaan Zero Accident (Nihil Kecelakaan Kerja).
2. Miss K3 Award, pemberian penghargaan kepada perempuan penggiat K3
3. Seminar Peran Kelembagaan K3 dalam mendukung Jakarta Berbudaya K3.
4. Pengukuhan pengurus dan anggota P2K3 pada 500 perusahaan.
5. Pemeriksaan Kesehatan untuk pekerja.
6. Bakti Sosial kepada masyarakat terdampak musibah banjir.

Turut hadir dalam upacara Bulan K3 ini perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan, pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah, Wali Kota dan Bupati Kepulauan Seribu, para pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta; para pimpinan asosiasi pengusaha tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten, para pimpinan Serikat Pekerja/Buruh tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten, serta para pimpinan perusahaan dan pekerja di seluruh Indonesia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00