• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Butuh 1.196 MW, PLN : Ibu Kota Baru Akan Gunakan Sistem Listrik Terbaik Dunia

17 January
22:04 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN kini tengah menyiapkan teknologi kelistrikan terbaik di dunia untuk memenuhi kebutuhan listrik di Ibu Kota baru.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa grand design Ibu Kota baru sudah ada dan masih akan terus dikembangkan, dimana semua kendaraan yang ada di sana akan bertenaga listrik dan ramah lingkungan.

"Ini menggunakan sistem kelistrikan terbaik yang ada di dunia, yaitu smart grid. Kita menggunakan smart meter nanti ada VP Solar, ada green energy, ada battery energy storage system dan stasiun pengisian kendaraan listrik umum," ujar Darmo di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Darmo menyampaikan, kolaborasi antar kementerian lembaga dan pihak lainnya akan menjadi kunci dari lahirnya Ibu Kota baru yang didasari pada pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan kebutuhan listrik Ibu Kota baru di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara akan memerlukan tambahan kapasitas pembangkit sekitar 1.555 MW untuk menyuplai listrik wilayah tersebut. Sedangkan data Kementerian ESDM memperkirakan total kebutuhan listrik Ibu Kota baru mencapai 1.196 MW.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00