• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Camelia Malik : Ade Irawan Sosok yang Menjaga Silaturahmi dengan Siapapun

18 January
05:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kabar berpulangnya aktris film senior Ade Irawan mengguncang dunia hiburan dan perfilman tanah air setelah sebelumnya sang anak, yaitu Ade Irawan juga meninggal dunia setelah lama bergelut dengan kanker.

Ade Irawan terjun ke dunia seni peran pada 1964. Saat itu, ia berperan sebagai pemain figuran untuk film Diambang Fadjar. Karier Ade semakin menanjak setelah mendapatkan peran utama dalam sebuah film. Ade saat itu membintangi film Tjinta Di Udjung pada 1965. 

Selain sebagai pekerja seni peran, Ade juga menjajal kemampuannya di belakang layar. Lewat film Fajar Menyingsing dan Belas Kasih, Ade mengasah kemampuannya sebagai penulis skenario. Puluhan film pernah dimainkan oleh artis berdarah Minang tersebut hingga film terakhirnya, Dreams, yang tayang pada 2016 lalu.

Bagi aktris Camelia Malik, berpulangnya Ade Irawan merupakan kehilangan besar bagi para insan perfilman, karena telah pergi sosok pelaku seni yang luar biasa, yang memiliki kesetiaan serta tanggung jawab profesi yang baik.

"Hari ini kita kehilangan lagi seorang pelaku seni yang luar biasa. Punya kesetiaan dan tanggung jawab profesi yang baik," ujar Camelia Malik kepada wartawan di rumah duka, Jumat (17/1/2020) malam.

BACA JUGA: Widyawati Dekat dengan Keluarga Ade Irawan, "Beliau Sosok Luar Biasa"

Bagi Camelia, ia secara pribadi memiliki kenangan tersendiri dengan sosok Ade Irawan semasa hidup. Ingatannya lantas menerawang saat beberapa kali main film bersama Ade.

"Saya beberapa kali main film bersama Ade Irawan. Pertama, 'Di Bawah Lindungan Ka'bah' karya Pak Asrul Sani, kemudian 'Jaka Swara' bersama Rhoma Irama," ungkap Camelia.

Selain kenangan main film bersama, Camelia juga mengemukakan jika sosok Ade Irawan semasa hidup luar biasa baik, tenang, bijaksana, ramah, dan yang paling diingatnya adalah Ade Irawan merupakan sosok yang selalu menjaga silaturahmi dengan semua orang, apalagi dengan semua rekan sesama dunia perfilman tanah air.

"Bu Ade luar biasa baik, tenang, bijaksana, ramah, dan paling saya ingat Bu Ade selalu bersilaturahmi dengan baik di kalangan kita," kenang Camelia Malik.

Terakhir, ia berharap dan mendoakan, Ade Irawan pergi dengan tenang, dan keluarga yang ditinggalkan menerima ikhlas akan keputusan Allah buat hambanya.

"Semoga Ibu Ade tenang, buat keluarga yang ditinggalkan semoga menerima ikhklas akan keputusan Allah buat hamba-hambanya ini," tutup Camelia Malik.

Ade Irawan disemayamkan di rumah duka, Lebak Lestari Indah Residen, Jalan Anggrek Lestari Indah, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dan rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta. (Sumber: Jorike Fitri-RRI PRO3/Foto: kompas)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00