• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Anak Ade Irawan : Ibu Menempa Kami Supaya Jadi Orang Sukses

18 January
06:32 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kepergian aktris senior Ade Irawan untuk selamanya menyisakan duka mendalam serta rasa kehilangan bagi insan perfilman tanah air. Sederet aktris senior mengemukakan rasa kehilangan akan kepergian Ade Irawan.

Aktris senior Camelia Malik mengenang ibu dari mendiang Ria Irawan diawali dari pengalaman main film bersama. Lebih dari itu, Camelia juga mengemukakan bahwa sosok Ade Irawan semasa hidup luar biasa baik, tenang, bijaksana, ramah, dan yang paling diingatnya adalah Ade Irawan merupakan orang yang selalu menjaga silaturahmi dengan siapapun, khususnya dengan semua rekan sesama dunia perfilman tanah air.

"Bu Ade luar biasa baik, tenang, bijaksana, ramah, dan paling saya ingat Bu Ade selalu bersilaturahmi dengan baik di kalangan kita," kenang Camelia Malik di rumah duka, Jakarta, Jumat (17/1/2020) malam.

Sementara aktris senior lainnya, yakni Widyawati, nampak sangat terpukul dengan kepergian Ade yang tiba-tiba. Rasa sedihnya bukan tanpa alasan, karena ia mengaku sangat dekat dengan keluarga Ade Irawan sejak awal berkenalan hingga saat ini.

"Saya dengan keluarga ini lumayan dekat jadi kehilangan banget," kata Widyawati kepada RRI PRO3, Jumat (17/1/2020) malam.

BACA JUGA: Widyawati Dekat dengan Keluarga Ade Irawan, "Beliau Sosok Luar Biasa"

Sementara itu, masih dari rumah duka Ade Irawan, aktris kawakan lintas jaman, Ray Sahetapy juga mengemukakan rasa kehilangannya akan sosok Ade Irawan. Ia mengemukakan, Ade merupakan seseorang yang memiliki pemikiran-pemikiran luar biasa untuk memajukan dunia film Indonesia.

Dan dengan kepergian yang terbilang sangat cepat ini, tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain mendoakan supaya Ade diterima Allah SWT dan berharap agar semua keluarga yang ditinggalkan dalam keadaan baik-baik saja.

"Tentu kita semua harus mendoakan supaya Ibu Ade diterima Allah SWT. Semoga semua keluarga yang ditinggalkan dalam keadaan baik," ucap Ray Sahetapy di rumah duka.

Untuk berkeluarga, Ade Irawan menikah dengan aktor kawakan Bambang Irawan. Dari pernikahan tersebut, Ade dikaruniai lima orang anak. Mereka adalah Bambang Ari Satrya, Bambang Widya Permadi Irawan (Adi Bambang Irawan), Ria Irawan, Dewi Irawan, dan Shinta Safitri Dewi.

Adi Bambang Irawan, anak kedua almarhumah nampak ikhlas menerima kepergian sang ibu, walau tak bisa menyembunyikan rasa sedih dan terpukul kehilangan sosok ibu yang sangat dikaguminya.

"Ibu orangnya kekeuh, keras, kalau ingat sesuatu itu di luar dugaan kita semua. Dan kita semua (anak-anaknya) ditempa keras supaya sukses," kenang Adi mengenai sosok sang ibunda kepada RRI PRO3 di rumah duka, Jakarta, Jumat (17/1/2020) malam.

BACA JUGA: Camelia Malik : Ade Irawan Sosok yang Menjaga Silaturahmi dengan Siapapun

Bahkan yang paling membuatnya bangga adalah, Ade Irawan selalu mendidik anak-anaknya, bahwa jika mau jadi artis, jangan hanya artis sekedarnya yang menggunakan profesi tersebut untuk cari makan saja, akan tetapi bagaimana harus menjadi sosok artis yang selalu berkarya hingga memiliki karya di sisi lain kehidupannya sehari-hari.

"Kita ditempa supaya sukses. Jadi artis jangan sekedar artis yang cari makan saja, tapi harus punya karya di sisi lainnya juga," terang Adi mengenang sosok ibunda Ade Irawan.

Ade Irawan disemayamkan di rumah duka, Lebak Lestari Indah Residen, Jalan Anggrek Lestari Indah, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dan rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta.

Selamat Jalan Ade Irawan....

(Sumber: Jorike Fitri-RRI PRO3/Foto: kompas & Jorike)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00