• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Pemkab Sigi Siapkan Huntap untuk Ratusan KK Korban Banjir Bandang

18 January
11:20 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palu : Pemerintah Kabupaten Sigi menyiapkan langkah relokasi untuk warga penyintas bencana banjir bandang Desa Bangga Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Langkah ini dilakukan karena sebagaian besar pemukiman warga di wilayah tersebut tidak layak huni setelah diterjang banjir Oktober 2019. Bupati Sigi Moh. Irwan S.Sos. M.Si mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 6 hektare untuk dipersiapkan relokasi 371 kepala keluarga (KK) Desa Bangga. Bupati menjelaskan, lokasi yang disiapkan nantinya akan dibangun Hunian Tetap (Huntap).

“Rencana relokasi tersebut telah disampaikan kepada kementerian PUPR untuk segera ditindaklanjuti,” kata Bupati Sigi Moh Irwan Sabtu (18/1/2020) di Sigi.

Selain Desa Bangga pihaknya juga melakukan hal serupa bagi Desa lainnya diwilayah ini khususnya Desa yang memiliki potensi kebencanaan tinggi banjir bandang dan tanah longsor sehingga tidak memungkinkan wilayahnya untuk dijadikan permukiman.

“Mata pencaharian warga masyarakat tergerus habis, tapi kami telah menyiapkan lahan untuk persiapan Huntap, lahan tersebut kami beli seluas kurang lebih 6 hektare, 6 hektar ini diperkirakan dapat menampung 371 KK warga Desa Bangga, ini sudah diusulkan ke kementerian PUPR,” katanya.

Upaya relokasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sigi terhadap Desa rentan terhadap bencana, khususnya bencana banjir bandang, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi korban jiwa maupun harta benda mengingat, peristiwa bencana banjir bandang di Kabupaten Sigi merupakan kejadian berulang ketika musim penghujan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00