• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Eks Pejabat Pemkab Jember Tersangka Korupsi Revitalisasi Pasar, Negara Rugi Rp 685 Juta

22 January
22:01 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jember : Babak baru penanganan kasus dugaan korupsi Program Rehabilitasi Pasar Manggisan, Kecamataan Tanggul, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Tahun Anggaran 2018 berlanjut. 

Tim Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember akhirnya menetapkan satu orang tersangka yaitu eks Kepala Dinas Perindustriaan dan Perdagangan Pemkab Jember berinisial AM, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek Rehabilitasi Pasar Manggisan yang menelan anggaran 7,8 Milyar sebagai tersangka. 

"Setelah dilakukan pemeriksaan sekitar lima jam oleh tim penyidik, kami berkesimpulan dan menetapka AM sebagai tersangka, kapasistasnya sebagai PPK dalam proyek tersebut," ujar Kasiintel Kejari Jember, Agus Budiarto kepada RRI, Rabu (22/1/2020).

Agus menambahkan, selain memiliki dua alat bukti, tim penyidik juga telah melakukan penghitungan kerugiaan keuangan negara dalam penanganan perkara dugaan korupsi itu.

"Total kerugian keuangan negara mencapai Rp 685 juta rupiah, untuk tersangka AM kita langsung lakukan penahanan dan titipkan di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Klas 2A Jember untuk memperlancar proses penyidikan 20 hari ke depan," tegasnya.

Dalam penanganan kasus dugaan korupsi Pasar Manggisan, Tim Satgas Khusus Kejaksaan Negeri Jember melakukan pengeledahaan di kantor Desperindag dan ULP Pemkab Jember pada peretengahaan Juni 2019 silam.

Pengeledahaan dilakukan guna mencari sekaligus menyita sejumlah dokumen terkait pengerjaan proyek revitalisasi 12 pasar tradisional yang didanai APBD 2018. Dalam perjalanan, Tim Jaksa juga menghentikan pengerjaan dan menyegel Pasar Manggisan di Kecamatan Tanggul.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00