• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Virus Corona : Korban Tewas Sudah 41 Orang, 180 Diperkirakan Menyusul

25 January
10:44 2020
0 Votes (0)

KBRN, Beijing : Transportasi umum dihentikan pengoperasiannya di setidaknya 13 kota di Cina saat jumlah korban tewas akibat virus Corona kembali bertambah, hari ini.

Pada Jumat malam, pihak berwenang resmi mengkonfirmasi 15 kematian berikutnya dan identifikasi positif baru sebanyak 180 kasus Coronavirus. Setelah sebelumnya korban tewas di angka 26 orang, dengan tambahan 15 orang, total menjadi 41 orang, dengan lebih dari 1.000 orang teridentifikasi awal dan sudah dalam penanganan.

BACA JUGA: Virus Corona : Korban Bertambah, 26 Orang Meninggal Dunia di China

Akibat tambahan korban, otoritas pusat di Beijing mengambil keputusan isolasi total bagi 13 kota, termasuk Beijing, yang berdampak pada setidaknya 36 juta orang terisolir tidak bisa meninggalkan kota maupun menerima kunjungan.

Kasus baru telah dilaporkan oleh beberapa negara lain seperti Korea Selatan, Jepang, Singapura, Hong Kong, Macau, Taiwan, Amerika Serikat, Thailand dan Vietnam. 

BACA JUGA: Virus Corona, Otoritas Beijing Hentikan Perayaan Imlek dan Shalat Jumat

Selain itu, dari daratan Eropa, pada Jumat kemarin, Prancis melaporkan kasus Coronavirus pertamanya, dan berlanjut dengan cepat menjadi tiga kasus. Menteri Kesehatan Prancis, Agnès Buzyn mengatakan, kemungkinan akan ada kasus lain. Demikian dilansir The Guardian, Sabtu (25/1/2020).

"Kasus-kasus tersebut melibatkan orang-orang yang telah melakukan perjalanan ke Cina dan dua di antaranya berasal dari keluarga yang sama," kata Buzyn.

BACA JUGA: Virus Corona Diduga dari Pasar Huanan, Jual Ular dan Koala untuk Dimakan

Pejabat Cina yang tak disebutkan namanya juga sudah memastikan menutup sebagian Tembok Besar (Tembok Cina) dan menghentikan transportasi umum di kota-kota yang terkena dampak, hingga membuat jutaan orang terdiam di awal liburan tahun baru.

Pekan raya kuil terkenal di Beijing, tradisi selama perayaan tahun baru sejak ratusan tahun lalu dihentikan, dan Shanghai Disneyland mengumumkan telah menutup aktivitas wahana bermain dan kunjungan tanpa batas waktu. 

BACA JUGA: Virus Corona : Ini Kesamaan Pasar Tomohon dan Huanan Kota Wuhan

(Sumber: TheGuardian/Foto: Reuters/The Central Hospital of Wuhan)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00