• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Gempa Guncang Elazig Turki Tewaskan 18 Orang, Tiga WNI Selamat

25 January
13:44 2020
1 Votes (5)

KBRN, Ankara : Tiga Warga Negara Indonesia (WNI), selamat dari gempa bumi berkekuatan 6,8 SR di kedalaman sekitar 6,7 Km wilayah Elazig, Turki bagian timur, Jumat (24/1/2020) sekitar pukul 20.55 waktu setempat. Demikian disampaikan Kedutaan Besar (Kedubes) RI, Ankara, melalui keterangan resmi yang diterima RRI PRO3, Sabtu (25/1/2020).

Getaran gempa berlangsung sekitar 15 detik dan menghancurkan sebagian gedung di sekitar epicentrum, di wilayah yang berbatasan dengan dengan Armenia, Irak, Suriah, dan Iran.

Menurut keterangan resmi otoritas bencana Turki (AFAD), akibat gempa tersebut sedikitnya 553 orang terluka dan 18 orang meninggal dunia. Otoritas Turki secara terpadu sudah melakukan penanganan serius.

Melalui Anggota Satgas Perlindungan WNI yang ada di sekitar area gempa di Elazig, diketahui terdapat 3 (tiga) WNI yang terdiri dari seorang mahasiswa dan dua WNI yang menikah dengan warga setempat. KBRI berhasil menghubungi salah satu dari mereka dan memperoleh informasi bahwa ketiganya dalam kondisi selamat. KBRI Ankara dikabarkan terus memantau perkembangan dan berkoordinasi dengan otoritas setempat. 

Diperkirakan terdapat sekitar 3.300 WNI di Turki. Sebagian besar adalah mahasiswa/pelajar dan SPA Therapist yang bekerja di industri pariwisata Turki.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00