• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Imlek di Kota Jayapura Sepi

25 January
19:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jayapura : Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kota Jayapura, Papua tampak sepi dibanding tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari jumlah warga tionghoa di Wihara Arya Dharma Bukit Skyline, Kelurahan Vim, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (25/1/2020).

Irship, koordinator keamanan dan kebersihan Wihara Arya Dharma mengatakan, pada tahun sebelumnya warga Tionghoa yang merayakan Imlek di Wihara Arya Dharma mencapai 200an lebih.

"Kehadiran untuk tahun ini berkurang drastis hingga mencapai 50 persen. Tahun lalu bisa 200-an lebih, kalau tahun ini seratusan saja,” tuturnya.

Ia menambahkan, sepinya perayaan imlek juga berdampak dalam penampilan barongsai di Wihara Arya Dharma.

“Banyak warga Tionghoa yang merayakan Imlek di luar Papua. Tadi saja barongsai hanya main sekali, padahal tahun-tahun sebelumnya bisa dua hingga tiga kali,” katanya.

Hal senada diungkapkan, Ketua Yayasan Buddha Dharma di Jayapura, Teddy Wandianto. Dia mengakui sedikitnya warga keturunan Tionghoa yang merayakan Imlek di Jayapura, Papua.

“Banyak yang berangkat, ini namanya tahun baru Imlek atau kumpul dengan keluarga, jadi kalau ada keluarga apalagi di Jawa yang sudah berumur, biasanya anak cucunya pergi ke sana,” jelas Teddy.

Misalnya, Teddy mencontohkan, keberangkatan 30 hingga 40 warga Tionghoa dari keluarga besar Agus Salim, pemilik toko Cipta Jaya ke Pulau Jawa.

“Jadi memang terasa, kalau ada keluarga yang merayakan Imlek di luar Papua, langsung sepi," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00