• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Dampak Corona, Kunjungan Ratusan Wisman China ke Solo Dihentikan

29 January
08:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Kota Solo berpotensi kehilangan kunjungan wisatawan manca negara (wisman) dari negara Cina semenjak merebaknya virus corona di Wuhan. Kunjungan ratusan wisman dari Cina ke Solo setiap pekan terpaksa dihentikan.

Hal ini dampak dari penutupan penerbangan dari Solo menuju Kunming Cina dan sebaliknya. Para pelancong dari Negara Tirai Bambu itu tak bisa lagi ke Solo. Bahkan 174 wisaman dari China yang tiba di Solo sepekan yang lalu harus dipulangkan menuju negarannya.

Kepala Dinas Pariwisata Surakarta Hasta Gunawan mengatakan, setiap pekan ada kunjungan 170 sampai 200 wisman dari Cina ke Kota Bengawan melalui Bandara Adi Sumarmo. Mereka berkunjung ke Indonesia karena ada kerjasama travel agen Kunming setiap pekan pesawat membawa wisman dari negara tersebut.

"Ya setiap pekan kan ada wisman dari Kunming Cina itu kerjasama dengan travel agen itu. Sementara ya kita hentikan," ungkapnya dalam keterangan, Rabu (29/1/2020).

Baca juga : Cegah Virus Corona, Nelayan Indonesia : Stop Impor Ikan dari China

Menurut Hasta karena merebaknya virus corona itu, maka kebijakan kedua pemerintahan menghentikan sementara kunjungan wisman ke Solo. Sementara itu untuk wisman dari negara lain, seperti Singapura, Malaysia dan Eropa sesuai jadwal.

Hasta mengklaim setiap bulan ada sekitar 1.000 wisman dari berbagai daerah masuk ke Solo, termasuk dari Cina.

Baca juga : Thermal Scanner Dinilai Tak Efektif Deteksi Corona

"Penutupan sampai kapan tidak tahu. Tapi setidaknya ada 1.000-an wisman ke Solo setiap bulan. Kalau dari negara lain Eropa atau Singapura dan Malaysia masih sesuai jadwal saja," jelasnya.

Sementara itu dampak dari ditutupnya penerbangan pesawat rute Solo-Cina via Kunming dampak virus corona ratusan turis Cina yang masih berada di Solo akan dipulangkan.

Rombongan sebanyak 174 turis tersebut dibawa oleh agen perjalanan PT Cahaya Matahari Rembulan.

Baca juga : Virus Corona Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Mereka tiba di Solo sejak Kamis (23/1/2020) lalu. Direktur PT Cahaya Matahari Rembulan, Pupun Pantiana Gunmantono saat dihubungi wartawan mengungkapkan, mereka berangkat sebelum penerbangan ditutup, dan merupakan rombongan terakhir.

Menurutnya, 174 turis Cina akan dipulangkan ke Kunming  Rabu (29/1/2020) hari ini.

"Setelah ini kami akan menutup sementara paket wisata tersebut hingga waktu yang belum ditentukan," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00