• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Yasonna Laoly Tetap Sebut Ronny Sompie Paling Bertanggung Jawab

29 January
22:27 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Simpang siur keberadaan buronan KPK, Harun Masiku, belum juga terungkap. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly malahan masih merasa tidak ada yang salah saat memutuskan mencopot Direktur Jenderal imigrasi, Ronny Sompie.

Yasonna mengatakan, Ronny adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam kekisruhan lokasi keberadaan tersangka suap Harun Masiku yang merupakan kader PDIP.

“Tanggung jawabnya siapa, yang paling apa (bertanggung jawab, red) di situ,” kata Yasonna kepada wartawan di Kompleks DPR RI, Rabu (29/1/2020).

Baca juga : ICW : Saatnya Ronny Sompie Bernyanyi Terkait Informasi DPO KPK Harun Masiku

Dia mengklaim telah melakukan instruksi perbaikan sistem keimigrasian kepada Ronny Sompie. Tapi, kata dia, Ronny tidak mendengar instruksinya tersebut, dan dijadikan alasan informasi keberadaan Harun Masiku menjadi terlambat diketahui.

“Sistemnya, saya sudah beberap bulan yang lalu bilang perbaiki sistem itu,” ujar dia.

Yasonna telah menyerahkan posisi Dirjen Imigrasi kepada Pelaksana Harian, Joni Ginting. Itu terjadi setelah Yasonna memberikan alasan terkait kasus pencarian Harun Masiku.

Tapi, Yasonna yang juga memiliki jabatan Ketua DPP PDIP, sempat memberikan keterangan dalam konferensi pers, pada (15/1/2020). Saat itu, kata dia, Harun Masiku berada di luar negeri sejak 6 Januari 2020. Sedangkan, belakangan ini Ronny memberikan informasi bahwa Harun Masiku ternyata sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00