• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Longsor Ddi Desa Ponggang Serangpanjang Tutup Akses Jalan Desa

29 January
22:33 2020
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Subang, Rabu (29/1/2020), mengakibatkan longsor yang menutup jalan desa, yang menghubungkan Kampung Ponggang dengan Kampung Cilutung Kecamatan Serangpanjang. Dengan tertutupnya jalan tersebut, aktivitas warga di dua kampung tersebut terganggung. Karena tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Camat Serangpanjang Indri Tandia mengungkapkan, longsor yang menutup akses jalan tersebut, mencapai 60 meter, dengan ketinggian tebing sekitar 15 meter.

"Jalan desa tersebut menghubungkan antara Kampung Ponggang dengan Kampung Cilutung. Sementara waktu aktivitas warga terganggu," ucap Indri kepada wartawan di Subang, Rabu (29/1/2020).

Sambil menunggu kiriman alat berat kata Indri, warga yang dibantu TNI/Polri dan BPBD membuat jalan setapak.

"Warga dibantu TNI/Polri dan BPBD membuat jalan setapak, agar warga tidak terisolir," ujarnya.

Sementara itu menurut Indri, untuk kedepannya Pemerintah Kecamatan Serangpanjang, akan membangun jalan baru, karena jalan yang tertutup longor ini, sangat berbahaya jika tetap digunakan oleh warga masyarakat.

"Demi keselanatan warga, mungkin kami akan mengusulkan ke Pemkab Subang, untuk membuka jalan baru. Apabila dipaksakan kelihatnnya tidak mungkin," tegas Indri.

Indri mengungkapkan, akibat bencana longsor tersebut, kerugian warga mencapai Rp60 juta. Namun beruntung tidak ada korban jiwa, hanya sebuah kendaraam roda dua yang tertimbun. Dan saat ini sudah dievakuasi oleh warga yang dibantu TNI/Polri dan BPBD.

"Hanya 1 unit kendaraan roda dua saja yang tertimbun longsor, kerugian materi mencapai Rp60 juta," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00