• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Hari Jadi Banyumas ke-449 Gelar Kirab Pusaka

16 February
11:18 2020
7 Votes (4.6)

KBRN, Purwokerto : Dalam rangkaian HUT Banyumas ke-449 hari ini, Minggu (16/2/2020) diselenggarakan kirab 4 pusaka besar. Empat pusaka tersebut berupa tombak Kiai Genjring, keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Kitab Stambul yang dipertontonkan kepada masyarakat saat Prosesi Kirab Pusaka. Untuk menggelar prosesi Kirab, ruas jalan Jenderal Sudirman ditutup bagi kendaraan sejak sekitar Pukul 08.00 WIB.

Kirab dimulai pukul 08.00 WIB dari halaman Pendapa Wakil Bupati Banyumas menyusuri jalan Jenderal Sudirman menuju Pendapa Si Panji yang berjarak sekitar 2 hingga 3 km. Meskipun hari ini cuaca cukup terik, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat warga untuk datang menonton.

Banyak warga yang datang baik dari Banyumas maupun luar Banyumas untuk menyaksikan jalanya prosesi kirab pusaka secara langsung. Mereka telah mulai memadati sepanjang jalan jendral sudirman sejak sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi.

Selain Kirab Pusaka, sebelumnya telah dilaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka menyambut hari jadi Banyumas ke-449. Diantaranya Jumat (14/2/2020) telah dilaksanakan ziarah ke makam bupati banyumas yang pertama di desa dawuhan kecamatan banyumas.Setelah itu dirangkai dengan tasyakuran atau makan bersama di pendopo duplikat si panji di kecamatan banyumas dan pegelaran wayang kulit Ruwat Bumi.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan pada hari Sabtu (15/2/2020), dengan menggelar Boyongan Saka Guru Si Panji atau dikenal dengan nama Rengos. Untuk rute boyongan yang dilalui yakni jalur  Banyumas, Kalibagor, Sokaraja, Berkoh, Jalan Jenderal Soedirman menuju Pendopo. 

Jarak tempuh yang dilalui pada prosesi Rengos mencapai 16,4 km dan dibagi menjadi 16 etape kecil dan lima etape besar. Etape kecil pergantian antar desa/ kelurahan dan etape besar pergantian antar kecamatan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00