• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

BATAN Pindahkan Tanah dan Vegetasi Terpapar Radioaktif, Masyarakat Tetap Beraktivitas

17 February
09:00 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Tenaga Nuklir (BATAN) sepanjang hari Minggu kemarin telah melakukan pembersihan (clean up) area yang terpapar zat radioaktif di atas ambang batas Perumahan BATAN Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.                                          
"Sebanyak 87 drum berisi tanah dan vegetasi yang diindikasikan terpapar radiasi dipindahkan ke tempat penyimpanan sementara limbah radioaktif," kata Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BATAN, Heru Umbara dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/02/2020).

Dari proses clean up, pada hari pertama (11/02) sebanyak 5 drum, hari kedua (12/02) sebanyak 20 drum, hari ketiga (13/02) sebanyak 28 drum, dan hari keempat (16/02) sebanyak 34 drum. 

"Semua drum tersebut saat ini disimpan ke tempat penyimpanan sementara limbah radioaktif yang berada di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) BATAN, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan," terangnya.

Berdasarkan hasil pengukuran, menunjukkan penurunan tingkat radiasi yang cukup signifikan, oleh karena itu batasan perimeter yang dipasang oleh Detasemen KBR (Kimia Biologi Radioaktif) dipersempit.

Heru berharap, meskipun ada proses clean up, masyarakat dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

"Masyarakat kami imbau untuk melakukan aktivitasnya seperti biasa. Kami akan terus berusaha agar proses clean up ini tidak mengganggu aktivitas para warga," tandasnya.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00