• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tasikmalaya Darurat TBC : 1.434 Kasus Seluruh Kelurahan, 44 Meninggal Dunia

17 February
09:06 2020
1 Votes (5)

KBRN, Tasikmalaya : Hasil temuan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, selama Januari hingga Desember 2019, sudah 1.434 kasus baru Tubercolosis (TBC) ada di wilayahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat menjelaskan, kasus ini ditemukan menyebar di 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya. 

"Di Kota Tasikmalaya tidak ada satupun kelurahan yang bebas TBC," kata Uus kepada Radio Republik Indinesia, RRI, Senin (17/2/2020).

Sebanyak 1.434 kasus TBC ini, lanjut Uus, terdiri dari tuberkolosa ekstra paru, tuberkolosa paru, dan tuberkolosa anak. Dari jumlah tersebut, 107 kasus diantaranya merupakan penderita dengan tahapan Multi Drugs Resistant (MDR) atau kebal obat.

"44 kasus MDR meninggal dunia, dan 23 penderita lainnya menolak diobati," ungkapnya.

Ia menjelaskan, penyakit TBC sebenarnya dapat disembuhkan total. Tinggal menunggu bagaimana masyarakat mau menjalani pengobatan saja dengan tuntas.

"Obatnya gratis. Proses pengobatannya harus rutin selama 6 bulan. Jika ini dijalani, pasien akan sembuh total," jelas Uus.

Selain layanan pengobatan, tambah Uus, kota Tasikmalaya memiliki fasilitas lengkap untuk pengobatan TBC di RSUD dr. Soekarjo.

"Kami memiliki ruang khusus pengobatan dengan fasilitas dan dokter yang handal," tambah Uus.

Oleh karena itu, dengan pola penyebaran yang cepat, Uus meminta masyarakat sadar dalam memerangi TBC. Terutama bagi penderita, agar mau menjalani pengobatan dengan tuntas.

"Jangan sampai menular kepada orang-orang yang kita cintai. Mari sama-sama perangi penyakit ini, agar Kota Tasikmalaya 2030 bebas TBC," pungkasnya. (Ilustrasi/Foto: ayobandung & Nova Nugraha/RRI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00