• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Ini Alasan PDIP Dahulukan Petahana dan Kader Dalam Pilkada 2020

19 February
22:46 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen Hasto Kristiyanto membenarkan anggapan partainya yang disebut mendahulukan kader dan kepala daerah petahana saat mengusung sosok dalam Pilkada Serentak 2020.

Megawati menjelaskan, para calon kepala daerah yang diusung tersebut sebelumnya telah menjalani serangkaian proses di Partai. Mulai dari proses penyerapan aspirasi partai, proses seleksi hingga pemetaan. Kebanyakan dari mereka menurut Megawati merupakan petahana.

"Saya selalu ingin cari pemimpin mumpuni di dalam tata pemerintahan. Karena tentunya bukan pemimpin agama dan kebudayaan, walaupun unsur itu harus ada. sebab tanpa agama dan budaya, kehidupan tak ada. Yang jelas saya melihat mereka ini sudah melaksanakan tugasnya dengan baik," ucap Megawati di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Untuk diketahui, PDIP baru saja mengumumkan 48 pasangan calon kepala daerah yang maju di Provinsi Sulawesi Utara dan 47 kabupaten/kota lainnya. Sebagian dari mereka merupakan petahana seperti salah satunya sosok yang di usung untuk maju Pilgub - Pilwagub Sulawesi Utara yakni Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

Kemudian Mega - sapaan akrab Megawati, mengingatkan agar para calon tetap berusaha keras meskipun berstatus sebagai petahana. Hal ini agar semangat bertarung dalam Pilkada tetap terjaga.

"Maka itu saya arahkan, jangan kehilangan fighting spirit dalam kerjanya. Kalau tidak kita akan masuk perangkap, bahwa akibat kemapanan, sehingga hanya merasakan kenyamanan tapi melupakan kerja itu sendiri," tegas Megawati.

Sementara itu Hasto Kristiyanto menekankan salah satu alasan partainya mengusung petahana yakni melihat prestasinya saat menjabat. Misalnya di Semarang, pihaknya melihat pasangan Hendrarprihadi-Ira mampu membawa perubahan, mengubah kota tersebut menjadi lebih hijau. 

"Jadi memang mereka berprestasi," tutur Hasto.

Terahir Hasto menyebutkan PDIP menargetkan sebanyak 60 persen kemenangan dalam Pilkada mendatang. Berangkat dari besarnya target tersebut menurutnya juga menjadi satu alasan partainya mengusung calon petahana yang berprestasi dan memiliki pengalaman berpolitik. 

"Karena mereka ini incumbent, tentu saja mereka punya tugas untuk merangkul juga kekuatan politik lain," tutup Hasto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00