• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cuaca Sangat Cerah, Fenomena Halo Muncul Tiba-tiba di Nabire

25 February
17:49 2020
1 Votes (5)

KBRN, Nabire : Fenomena optis atau disebut juga fenomena halo muncul secara tiba-tiba di langit Kabupaten Nabire sekitar pukul sepuluh hingga setengah dua belas siang waktu setempat.

Atas fenomena halo ini sontak membuat warga di daerah ini keluar rumah dan memandangi langit guna menyaksikan secara langsung lingkaran cahaya di sekitar matahari terik.

"Saya jarang melihat (fenomena halo) ini. saya baru bisa menyaksikan pada kesempatan ini dan merasa takjub atas keindahan atau kejadian-kejadian alam yang di ciptakan oleh sang maha kuasa," Ujar Stevanus Warga Nabire, Selasa (25/2/2020).

Karena belum pernah menyaksikan fenomena ini, ungkap Stevanus dirinya sempat kuatir menyaksikan dengan mata langsung tetapi fenomena ini tidak membahayakan manusia atau mahkluk lain di bumi.

Staf BMKG Nabire Eusebio Andronikus Sampe menjelaskan fenomena halo terjadi akibat adanya cristalan es dari awan cirus di ketinggian lima hingga sepuluh kilometer dan cahaya matahari yang dibiaskan oleh permukaan es berbentuk prisma sehingga cahaya matahari terpecah kedalam beberapa warna akibat efek udara yang dipantulkan ke arah tertentu sama seperti pada pelangi.

“Fenomena halo terjadi  tidak mengenal pada bulan-bulan tertentu, dan fenomena ini merupakan peristiwa alam yang biasa terjadi dan tidak memiliki kaitan dengan musibah, memang jarang terjadi karena hanya cuaca cerah saja peristiwa ini muncul yang hanya terkihat awan-wan cirus maksimal sepuluh kilo meter," tandasnya.

Fenomena ini tidak memberi tanda akan terjadi musibah apapun yang membahayakan keselamatan jiwa manusia, oleh karena itu dirinya menghimbau warga di Nabire tetap beraktifitas seperti biasa dan tidak perlu panik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00