• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

WN Jepang Terkena SARS-COV Tipe 2, Selepas Liburan di Bali

25 February
21:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Warga negara asal Jepang yang sempat berlibur ke Bali beberapa waktu lalu dinyatakan positif terjangkit virus SARS Corona Virus tipe 2. Hal ini dibenarkan Sekretaris Ditjen Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Ahmad Yurianto saat melakukan telekonferensi di Jakarta. Selasa, (25/2/2020). 

Yuri mengatakan bahwa memang benar ada WN dari Jepang, berjenis kelamin laki-laki dan berusia 60 tahun. Sebelum datang ke Indonesia pada tanggal 12 Februari, kata Yuri, pria itu mengeluh sakit. Kemudian pria tersebut memeriksakan kondisinya ke dokter, namun saat itu belum ditemukan indikasi atau gejala COVID-19 sehingga pria tersebut tidak dirawat.

"Tanggal 15 Februari, dia (pria asal Jepang) beserta keluarganya menuju Bali sampai tanggal 19 Februari. Setelah tanggal 19, dia pulang lagi ke Tokyo dan mengeluh sakit lagi sehingga kurang lebih pada tanggal 22, diputuskan oleh kebijakan Rumah Sakit bahwa dia harus dirawat dan saat itu kondisinya stabil," ujar Yuri. 

"Diagnosa yang kemudian diberikan, dia terinfeksi SARS Corona Virus tipe 2," sambungnya. 

Atas dasar itu, lanjut Yuri, maka pihaknya melakukan konsultasi dengan para pakar untuk menyikapi temuan kasus SARS Corona Virus tipe 2. 

Dari hasil konsultasi dengan para pakar, Yuri menyebut ada dua hal mendasari temuan tersebut.  

"Pertama, pakar  menyatakan bahwa SARS Corona virus tipe 2, ini penyebab COVID-19 seperti yang ditulis oleh WHO. Tetapi pendapat pakar yang lain menyatakan, ini bentuk mutasi dari COVID-19 yang sekarang dicurigai menjadi semakin banyak dengan tanda-tanda yang minimal," lanjutnya. 

Lantaran kondisi tersebut, Kemenkes melalui dinas kesehatan Bali kemudian melakukan tracking. Berdasarkan nama dan paspor warga negara Jepang tersebut, diketahui ia menginap di suatu hotel.

Lalu dari kedatangan hingga kepulangan warga negara Jepang tersebut, tidak tampak terjadinya peningkatan kasus pneumonia atau penyakit lain yang gejalanya mirip Covid-19 di daerah yang dicurigai didatangi olehnya.

"Kami juga komunikasi dengan pemerintah Jepang, tanya bagaimana dengan keluarga warga negara tersebut katanya tidak sakit apapun. Laki-laki yang sakit ini juga kondisinya sakit sudah baik dan bisa pulang," ujar Yurianto.

Yuri juga telah menghubungi otoritas pemerintah Jepang terkait kondisi keluarga korban yang saat ini terjangkit SARS-COV tipe 2. 

"Ternyata tidak mengalami sakit apapun dan terakhir kondisi korban yang sakit ini sudah membaik," tutur Yuri. 

Sumber foto: Antara Foto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00