• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

41 Desa di Kabupaten Cirebon Masuk Kategori Rentan Pangan

25 February
21:46 2020
0 Votes (0)

KBRN Cirebon : Hasil analisis peta ketahanan dan kerentanan pangan atau Food Security and Vulnerability Atlas -FSVA yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan DKP Kabupaten Cirebon mendata sebanyak 41 desa masuk kategori rentan pangan.

Kepala DKP, H. Muhidin kepada RRI Selasa (25/2/2020) mengungkapkan dari 41 desa rentan pangan, sedikitnya 4 desa masuk prioritas satu yakni desa sangat rentan, antara lain Desa Ciuyah Kecamatan Waled, Desa Wanasaba Kidul dan Desa Cempaka Kecamatan Talun serta Desa Sinarancang Kecamatan Mundu. 

Selain itu ada 17 desa masuk prioritas kedua yakni rentan pangan dan sisa nya 20 desa prioritas ketiga yaitu desa cukup rentan pangan. Untuk itu, terkait hasil analisis tersebut, jelas Muhidin, Dinas Ketahanan Pangan mengumpulkan kuwu (kepala desa) dan lurah di 424 desa/kelurahan se Kabupaten Cirebon terbagi 4 angkatan mulai tanggal 25 - 28 Februari 2020 di Kantor DKP Sumber.

"Dari langkah itu pemdes dapat merumuskan upaya dalam menangani permasalahan kerentanan pangan di desa masing-masing bahkan hingga kearah peningkatan status desa. Kuwu didorong harus bisa menganggarkan APBDes untuk pembangunan lumbung pangan desa," jelasnya.

Ditambahkan Muhidin, lumbung pangan desa dalam bentuk bangunan atau gudang dan penyediaan gabah minimal 10 ton gabah per desa. Ketika desa rentan pangan tersebut mengalami kekurangan ketersediaan gabah maka DKP siap membantu melalui Cadangan Pangan Pemerintah Daerah CPPD. 

"Penyediaan 10 ton gabah dari dana desa itu ya manfaatin hasil petani didesa setempat. Pas petani panen ya dibeli pemdes. Kalau bantuan dari Pemkab Cirebon berupa Lumbung Pangan Masyarakat LPM, sudah ada 231 LPM yang kita bantu," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00