• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Opini

Kunci Penyelesaian Corona, Mental Disiplin dan Ketangguhan Masyarakat

26 March
07:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta:  Tema ini saya angkat untuk mencoba mengajak kita semua di dalam peristiwa bencana corona yang sekarang ini menyerang masyarakat dunia terutama di Indonesia perlu kiranya kita untuk terus-menerus mengingatkan bahwa salah satu kunci penting penyelesaian, pengurangan resiko, dan kecepatan mengurangi dampak corona ini adalah disiplin dan ketangguhan masyarakat. 

Tugas dan tanggung jawab negara memang melindungi warganya dalam hal ini pemerintah untuk bisa secara cepat, secara efektif bisa memenuhi kebutuhan terutama mereka yang sakit terkena virus corona terdampak dari peristiwa ini dan juga potensi dari kalangan masyarakat dan juga masyarakat secara umum baik itu berkenaan dengan sakit maupun dampak ekonomi dan seterusnya. 

Dalam hal ketangguhan ini yang kita maksud adalah bagaimana kemampuan masyarakat untuk disiplin misalnya, ketaatan masyarakat untuk memenuhi keputusan atau perintah bagaimana social distancing, menjaga jarah akitivitas-aktivitas interaksi yang harus dibatasi karena potensi untuk penularan virus ini begitu besar.

Nah, point ini penting untuk kita agar mentalitas yang baik ini akan bisa mengurangi resiko agar masyarakat yang tidak terkena ini agar terjaga, demikian pula mereka yang terkena bisa mengisolasi dan dirawat sebaik mungkin. 

Potensi kita untuk bisa merasa tangguh, mentalitas disiplin ini harus dipadukan dan dengan cara seperti ini adalah kadang-kadang diantara kita punya disiplin yang sifatnya individu, bagaimana ini bisa dikelola dibuat menjadi kesadaran kolektif agar mental disiplin untuk bisa menjaga diri mengurangi tingkat resiko baik di tingkat masyarakat.

Kemudian di lembaga kerja, di tempat tempat kerja atau bahkan di keluarga, itu disiplin penting untuk terus-menerus diingatkan bagaimanapun juga mentalitas yang disiplin dan ketangguhan masyarakat ini akan bisa segera mungkin mengatasi dampak dari corona ini. 

Ini memang problem dunia namun kalau kita bisa buktikan bahwa masyrakat Indonesia bisa disiplin, punya mentalitas yang bisa tangguh kita akan segera cepat mengatasi masalah ini. Semoga ini menjadi kesadaran kita secara kolektif.

Naskah disusun oleh Sosiolog Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Dr. Arie Sudjito.


(Foto:istimewa)

       

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00