• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

ICW Usulkan Gaji Pimpinan KPK Disumbangkan untuk Penanganan Covid-19

26 March
08:12 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Indonesia Corruption Watch (ICW) mengusulkan kepada para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V untuk terlibat dalam mendonasikan penghasilannya bagi korban terdampak wabah coronavirus disease (Covid-19).

Upaya untuk menanggulangi wabah Covid-19 mendapat perhatian dari para pengusaha Indonesia. Para pengusaha memberikan bantuan kepada pemerintah dalam bentuk penggalangan dana. 

Penggalangan ini dimotori oleh semua sektor industri yang berada di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

"Jika sejumlah pihak lain berkomitmen memotong gajinya sebesar 30 persen atau 50 persen untuk berkontribusi, kami mengusulkan pimpinan KPK sebaiknya memberikan 100 persen gajinya," kata Peneliti ICW Donal Fariz kepada wartawan, Kamis (26/3/2020).

Menurut Donal, tiga bulan setelah dilantik, banyak publik yang mempertanyakan kinerja KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri itu.

Di sisi lain, kepercayaan publik kepada KPK menurun drastis. Kasus operasi tangkap tangan (OTT) juga belum juga dilakukan KPK, baru dua operasi tangkap tangan yang dilakukan lembaga anti rasuah ini.

Termasuk, keberadaan buron eks caleg PDIP Harun Masiku dan mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi yang tak kunjung ditemukan.

"Gertak Firli terhadap pihak yang melakukan korupsi dana bencana terancam dihukum mati justru dicibir publik. Sehingga usul kami sebaiknya 100 persen gaji mereka dipotong saja agar tidak jadi penyakit," tutup Donal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00