• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

BPJS Imbau Warga Gunakan Layanan Online di Tengah Pandemi Covid-19

26 March
10:17 2020
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Hampir seluruh pelayanan publik kini memanfaatkan teknologi. Hal itu dilakukan sebagai upaya penerapa social distancing di tengah pandemi Covid-19, tak terkecuali layanan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan. Untuk itu, peserta JKN-KIS diminta menggunakan layanan berbasis teknologi demi keselamatan pegawai dan peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dina Diana Permata mengatakan, untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona melalui kontak langsung pelayanan di kantor BPJS Kesehatan maka saat ini pelayanan terbatas pada pelayanan bagi peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan pengaduan peserta JKN KIS yang membutuhkan penyelesaian segera.  

"Dalam rangka pencegahan penyebaran wabah virus Corona, maka peserta dapat memanfaatkan pelayanan melalui Aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, peserta cukup di rumah saja,’’ tegasnya, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, aplikasi Mobile JKN memberikan kemudahan untuk calon peserta atau peserta JKN-KIS, dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diunduh melalui Google Playstore bagi pengguna Android serta Apps Store untuk pengguna iOS.

"Mobile JKN ini menyediakan kemudahan mulai dari mendaftar dan mengubah data, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, hingga menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS," katanya.

Bahkan melalui aplikasi itu, peserta dapat mengambil nomor antrean untuk berobat di FKTP dan FKTL. 

"Di aplikasi Mobile JKN juga telah tersedia fitur untuk mengetahui ketersediaan tempat tidur di rumah sakit dan mengambil nomor antrian ketika akan berobat ke fasilitas kesehatan,” imbuh Dina.

Selain menggunakan layanan berbasis teknologi, pihaknya juga berupaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan pengukuran suhu tubuh setiap orang yang mendatangi kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang. 

"Apabila ada yang memiliki suhu tubuh di atas normal, maka petugas akan mengarahkan ke FKTP terdekat. Selain itu kami juga menyediakan handsanitizer atau sabun cuci tangan  di beberapa titik pelayanan serta rutin dilakukan penyemprotan disinfektan di area kantor," ungkapnya. 

Ia menambahkan, sesuai anjuran pemerintah, BPJS Kesehatan juga menerapkan social distancing dalam pelayanan terhadap peserta yaitu dengan mengatur jarak antar peserta pada ruang tunggu seitar 1 meter. 

Sulistyowati, salah satu peserta JIN-KIS menyambut baik kebijakan tersebut. 

“Memang sebaiknya begitu, kita di rumah saja, pelayanan bisa lewat HP sehingga lebih aman terhindar dari virus," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00