• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Penembak 51 Muslim di Christchurch Tahun 2019 Mengaku Bersalah

26 March
13:53 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Brenton Tarrant, pria Australia yang melakukan penembakan massal di Selandia Baru pada 15 Maret tahun lalu mengaku bersalah atas 51 tuduhan pembunuhan di Pengadilan Christchurch, Kamis (26/3/2020). 

Ia mengaku bersalah setelah menjadi penyerang tunggal dengan menembaki umat Islam saat menghadiri shalat Jumat di dua masjid di Christchurch pada 15 Meret tahun lalu dan menyiarkan secara langsung serangannya di Facebook. 

Brenton juga mengaku bersalah atas 40 tuduhan percobaan pembunuhan dan satu tuduhan melakukan tindakan terorisme. 

" Dia telah dihukum atas masing-masing dalam setiap dakwaan itu. Masuknya pengakuan bersalah merupakan langkah yang sangat siginifikan untuk finalitas proses pidana ini," kata Hakim Cameron Mander, seperti dikutip Aljazeera, Kamis (26/3/2020). 

Sebelumnya, pria berusia 29 tahun itu mengaku tidak bersalah atas perbuatannya tersebut. 

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan pengakuan bersalah akan memberikan kenyamanan bati keluarga mereka yang terbunuh maupun mereka yang selamat dari serangan kejam itu.

" Permohonan bersalah akan memberikan harapan kepada banyak orang yang hidupnya hancur saat kejadian 15 Maret 2019 lalu," kata Ardern. 

Pengadilan akan menghukum Tarrant atas 92 tuduhan. Pria itu ditahan di tahanan sampai persidangan pada 1 Mei mendatang. (foto: news.sky.com)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00