• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kabar Gembira, Satu Pasien Corona Solo Sembuh Setelah Isolasi di RSDM

26 March
22:31 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Kabar gembira datang dari Solo, satu pasien positif covid-19 yang dirawat di RSUD dr Moewardi RSDM Solo dinyatakan sembuh dan telah diperbolehkan pulang. Pasien berjenis kelamin perempuan Mojosongo yang sempat dikabarkan pergi ke hajatan dan ke pasar saat di karantina itu, kini sudah diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dr Siti Wahyuningsih, membenarkan jika satu pasien positif corona itu sembuh. Menurut Ning, informasi dari RSDM setelah dirawat di tes swap dua kali berturut-turut hasilnya negatif. "Iya informasi dari Moewardi sembuh," ujarnya Kamis (26/3/2020).

Namun pasca dinyatakan sembuh dan diperkenankan pulang, DKK tetap meminta agar pasien tersebut tidak keluar dari rumah. Sebab meminimalisir adanya kontak dengan orang luar. 

Untuk itu DKK mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Sebab yang perlu diwaspadai dari covid-19 ini karena penyebarannya sangat cepat. 

”Memang penyakit ini bisa sembuh sendiri kalau daya tahan tubuhnya baik. Tapi kan tetap harus menerapkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat) serta harus jaga jarak,” ucapnya. 

Lurah Mojosongo Winarto saat dikonfirmasi juga membenarkan satu warganya telah sembuh dari corona. Pihaknya mengharapkan masyarakat sekitar tetap menerima dengan baik tidak ada diskriminasi. Namun demikian warga tetap menerapkan PHBS dan social distancing.

"Iya pak RT Pak RW sudah ke sana. Memastikan sudah sembuh. Tenda kesehatan di sana juga sudah kami bongkar. Tidak ada lagi klaim Mojosongo jadi konotasi diisolasi. Tapi keluarga dalam pengawasan dulu," ungkap Winarto kepada wartawan.

Informasi yang dihimpun sampai saat ini baru satu pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh oleh RSDM Solo. Sedangkan jumlah kasus yang meninggal akibat penyakit ini ada tiga.

Pasien pertama dari Semanggi, Solo dengan jenis kelamin laki-laki, pasien kedua dari Wonogiri berjenis kelamin perempuan dan pasien ketiga dari Kadipiro, Solo berjenis kelamin laki-laki. 

Pasien dari Kadipiro ini memiliki jalinan kekerabatan dengan pasien dari Mojosongo yang sembuh. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00