• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Isyarat Dukungan Demokrat terhadap Joko Widodo di Pilpres 2019

13 March
08:26 2018
2 Votes (4)

KBRN, Jakarta: Kehadiran Joko Widodo, di Rapimnas Partai Demokrat di Bogor, tiga hari lalu, disebut sebut sebagai sinyal untuk membuka pintu koalisi. Bisa jadi benar, atau bisa jadi tidak. Meskipun kehadiran Joko Widodo di Rapimnas tersebut dalam kapasitasnya sebagai Presiden.

Isyarat Demokrat untuk membuka pintu koalisi, tersirat dari pernyataan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam pidato politiknya SBY mengatakan, akan bekerja sama dalam kompetisi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. SBY juga mengatakan, Jika Allah menakdirkan, sangat bisa Partai Demokrat berjuang bersama Jokowi. 

Sebaliknya, Jokowi mengatakan, dirinya seorang pemimpin yang demokrat bukan otoriter. Jokowi juga dengan tegas mengatakan,  ia adalah seorang yang Demokrat. 

Pernyataan kedua pemimpin itu, sah sah saja ditafsirkan sebagai isyarat  membuka pintu koalisi. Meskipun dalam politik, yang abadi adalah kepentingan. 

Lalu apakah, Demokrat akan memberikan syarat jika ingin berkoalisi atau dukungan tanpa syarat seperti yang dilakukan Partai pendukung Pemerintah. 

Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Firman Noor menyebutkan, Jokowi saat ini berada dalam posisi yang tidak mudah. Menurut Firman, selain faktor personal seperti elektabilitas, pengalaman birokrasi hingga persamaan visi dan ideologi, Jokowi juga perlu mempertimbangkan penerimaan partai koalisi terhadap cawapres yang ia pilih. 

Untuk maju dalam Pilres 2019 mendatang, Koalisi antar partai politik memang mutlak dibutuhkan, karena tidak ada parpol yang bisa mengusung capres sendiri tanpa berkoalisi. Apalagi syarat syah, untuk mengusung capres harus mendapatkan 20% kursi di DPR atau 25% suara sah nasional Pemilu 2014. 

Apakah Demokrat akan bergabung dalam koalisi Jokowi, masih menunggu perkembangan komunikasi politik yang sangat dinamis dihari hari mendatang. Pendaftran calon Pilres 2019, masih cukup lama sekitar 5 bulan lebih. Kita tunggu saja.

(Sumber Foto: Pangki4)

Tentang Penulis

Rahman Rifai

Redaktur Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00