• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Publik, menunggu Deklarasi Prabowo Subianto untuk mendeklarasikan diri sebagai Calon Presiden 2019

12 April
08:01 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Sejumlah kalangan sempat menyoroti pencalonan presiden 2019 oleh Prabowo Subianto. Mantan calon Presiden 2014 tersebut,  belum juga mengumumkan deklarasinya.  Padahal, calon petahana,  Joko Widodo sudah jauh-jauh hari diberi mandat oleh PDI Perjuangan sebagai Calon Presiden 2019. Bahkan mandat tersebut langsung disampaikan oleh ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Lantas,  ada apa dengan Prabowo yang belum juga melakukan deklarasi. Sementara banyak pihak memperkirakan bahwa persaingan politik akan hangat antara Joko Widodo dengan Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019. Kondisi ini membuat sejumlah pihak melakukan analisanya masing-masing. Bahkan ada yang menyebut bahwa Prabowo ragu untuk maju dalam Pilpres tahun depan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa popularitas dan elektabilitas calon presiden petahana cukup tinggi. Artinya,  kandidat calon yang bersaing biasa-biasa saja,  sudah pasti hasilnya dapat ditebak. Bila demikian,  bagaimana dengan Prabowo.?

Menarik mencermati Pilkada DKI Jakarta antara Anies dengan Ahok. Kalau saja Gerindra dan PKS tetap bersikukuh dengan egonya masing-masing,  maka dapat dipastikan saat itu bahwa jago mereka akan tumbang pada putaran pertama.

Namun demikian, Dalam konteks ke Indonesiaan, sesungguhnya bukan persoalan pendeklarasian Prabowo Subianto, melainkan sebuah harapan bahwa dalam Pipres 2019 tetap ada mininal dua pasangan kandidat yang akan maju.  Ini semata-mata untuk kehidupan demokrasi yang sehat. Maju sebagai Capres bukan sekedar keinginan,  namun perlu dukungan  sumberdaya yang kuat,  baik itu massa pemilih,  anggaran dan dana serta dukungan partai pokitik dalam presidential threshold.  apalagi pemcalonan dilakukan sebelum pelaksanaan Pemilihan Unum.  Bagaimana hasilnya, nanti biar rakyat yang menentukan dalam pimilihan presiden 2019.

(sumber foto : tribunnews)

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00