• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Kepiawaian Diplomat Indonesia di Mesir  Jalan Sukses  Tingkatkan Ekspor

9 June
08:16 2018
0 Votes (0)

Disusun oleh : Besty Simatupang

KBRN, Jakarta : Pasar Afrika khususnya di Mesir yang memasang tarif tinggi ternyata menjadi hambatan tersendiri bagi para pelaku bisnis dinegara tersebut. 

Kebijakan Pemerintah Mesir yang menerapkan pajak dan tarif yang tinggi untuk barang impor cukup beralasan mengingat  kondisi ekonominya memang belum stabil sehingga sangat protektif terhadap produk dalam negeri.

Mesir kini jusru berupaya untuk menarik investasi asing agar dapat menyerap tenaga kerja. Kondisi ini memang kontradiktif dengan keinginan Indonesia untuk meningkatkan ekspor ke Mesir. Meski demikian, Kita akui Pemerintah  Indonesia tidak bersikap apatis. Hambatan perdagangan yang menyangkut kebijakan, dihadapi melalui upaya diplomasi. 

Untuk itu Indonesia telah menyusun draft kerjasama perdagangan bilateral dengan Mesir melalui Joint Trade Committee (JTC) pada bulan akhir tahun lalu di Jakarta. Namun pertanyaan selanjutnya, bagaimanakah tidak lanjut setelah itu? Disinilah kepiawaian diplomat diuji dalam menyusun strategi diplomasi. Tidak adanya kerjasama perdagangan bilateral, memaksa importir di Mesir sulit untuk memasok produk dari Indonesia.

Dengan strategi diplomasi ekonomi yang tepat, seharusnya apa yang diharapkan Pemerintah untuk meningkatkan ekspor bisa menjadi nyata. Namun, disamping kepiawaian diplomasi, komitmen dan konsistensi tak kalah penting agar kerja keras bisa berbuah solusi.  Tidak sedikit draft kerjasama bilateral yang diawalnya disepakati berujung tanpa ada kata pasti. Semoga saja diplomasi kali ini bisa menjadi solusi dan bukan hanya sekedar ilusi.

Kita juga  berharap KBRI Kairo  dapat duduk bersama dengan pihak mesir yang nantinya juga dapat membahas mengenai berbagai kerjasama yang berpeluang dilakukan guna memberikan kemudahan dalam aktifitas ekspor – impor. Seperti, peluang diterapkannya preferential trade agreement (PTA) atau free trade agreement (FTA).

Semoga  upaya Pemerintah untuk meningkatkan ekspor nonmigas di tahun 2018  tersebut itu dengan  menembus pasar-pasar baru seperti India, Rusia, negara-negara Afrika dan Timur Tengah seperti Mesir yang tengah dijalankan saat ini dapat meningkatkan nilai ekspor Indonesia yang  pada periode Januari-Juni 2017 mencapai 79,96 miliar US$ atau meningkat 14,03 persen dibanding periode yang sama tahun 2016 lalu.

Kepiawaian Diplomat Indonesia di Mesir juga diuji guna meraih sukses tingkatkan Ekspor. (Foto : Kemenlu)

Tentang Penulis

Agus Rusmin

Reporter Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00