• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Siapa Pendamping Joko Widodo pada Pilpres 2019 ?

11 July
07:22 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pencalonan Joko Widodo sebagai presiden Republik Indonesia periode 2019 - 2024, tinggal menghitung hari. Menurut Joko Widodo,  nama calon wakil presidennya pun sudah disiapkan. Publik kemudian bertanya tanya,  siapakah calon wakil presiden tersebut ? 

Sejumlah tokoh partai politik belakangan ini memang sibuk menjajakan diri. Sebutlah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Ia menyebut kata JOIN,  yang bermakna Jokowi - Muhaimin. Balihonya terpampang di mana mana. Selain itu, ada juga Romahurmuzy,  Ketua Umum PPP. Gayanya santai seperti generasi millenial. Ia pun kabarnya siap menjadi calon Wakil Presiden.  Belum lagi tokoh lain yang bergerak dalam senyap. Silent movement. Belakangan muncul nama Tuan Guru Bajang Zainul Majdi dari unsur ulama. Kita tunggu pilihan Joko Widodo untuk calon Wakil Presiden.  

Nah,  bagaimana pula pandangan publik ?  LSI Denny JA baru baru ini merilis hasil surveynya. Ia membagi dalam beberapa klaaifikasi. Untuk Cawapres yang kuat pilihan publik ada pada Kapolri Tito Karnavian. Untuk cawapres kalangan ulama,  publik mengusulkan Ketua Umum MUI Kyai Haji Maruf Amin. 

Sementara kalau Joko Widodo ingin memajukan eknomi negara, maka pilihan publik adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Untuk Tokoh politik adalah ketua umum Golkar Airlangga Hartarto. Sekali lagi,  pendukung Jokowidodo menunggu-nunggu siapa calon Wakil Presiden pilihan istana. 

Namun terlepas dari nama calon,  ada data pada survey LSI yang patut dicermati.  Pertama adalah soal elektabilitas Joko Widodo. Ternyata tidak sampai lebih dari 50 persen. Kemudian,  jumlah pendukung fanatik Joko Widodo hanya sekitar 32 persen. Dan yang lebih dicermati lagi,  ternyata taggar Ganti Presiden 2019 meningkat pasca Pilkada 2018 lalu. Presentasinya sudah lebih dari 50 persen. 

Demikian maka,  merujuk data tersebut,  Joko Widodo harus cermat dalam memilih calon wakil presidennya.  Bukan tidak mungkin,  salah pilih,  maka hasilnya dapat meleset. 

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00