• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pencalonan Prabowo Subianto yang Belum Mendapat Mitra Calon Strategis

12 July
07:24 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ada yang menarik dari kabar pencalonan Prabowo Subianto sebagai presiden. Secara prinsip Partai Gerindra sudah memberi amanah kepada Prabowo Subianto untuk menemtukan Calon Presiden penantang Joko Widodo. 

Calon presiden Petahana ini memang sudah jelas akan maju kembali dan sudah mendapat endorsment dari partai pendukung utamanya,  yakni PDI Perjuangan. Jokowidodo tinggal menentukan calon wakil presidennya yang menurut Joko widodo sudah siap diumumkan. 

Sayangnya,  Prabowo Subianto sebagai calon presiden belum juga mendeklarasikan diri. Jangankan menentukan calon Wakil Presiden, untuk mendeklarasikan sebagai Presiden saja belum dilakukan. Sepertinya,  pihak Prabowo Subianto sedang mengkaji secara matang rencana deklarasi tersebut.  

Kajian ini penting sekali,  sebab bila tidak mampu menghadirkan kandidat kuat,  maka tidak akan berarti apa apa. Lebih sayang lagi,  mitra strategis Prabowo,  yakni PKS dan PAN belum juga solid menentukan nama. Masing masing memiliki keinginan yang berbeda. Kondisi ini sepertinya tidak menguntungkan bagi Prabowo. Terlebih lagi PKS mulai memggadang gadang nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Pengalaman perjuangan PKS memenangkan Anies Baswedan dianggap sebagai modal utama memajukan nama Anies Baswedan.  Publik menunggu-nunggu ini semua.

Pencalonan kandidat dalan Pemilihan Presiden 2019,  sesungguhnya bukan sekedar persoalan rivalitas antar kandidat,  akan tetapi persoalan kelanggengan demokrasi. 

Rivalitas kadang memang diperlukan,  agar demokrasi berjalan baik. Khawatirnya, karena posisi elektabikitas Joko Widodo demikian kuat, maka tidak ada kandidat lain yang maju sebagai calon presiden. 

Seandainya hanya ada calon preaiden tunggal dalam Pemilihan Presiden tahun depan,  maka demokrasi ini tidak sehat. 

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00