• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Ketua KPK Jangan Rangkap Jabatan

27 December
09:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Setelah menjadi Ketua KPK, Komisaris Jenderal Polisi Firli Bahuri ada baiknya mendengarkan masukan publik soal posisinya di Kepolisian Republik Indonesia.

Seperti diketahui sebelum ini, Komisaris Jenderal Firli Bahuri dinaikkan pangkatnya satu tingkat dari Inspektur Jenderal Polisi saat menjadi Kapolda Sumatera Selatan, menjadi Komisaris Jenderal Polisi saat ini.

Sedangkan Wakil Presiden Kyai Haji Ma'rUf Amin menyarankan agar hal ini mengikuti aturan perundang-undangan yang ada. Pada aturannya, di pasal 29 UU KPK hanya disebut bahwa saat menjabat ketua KPK harus melepaskan semua jabatan struktural sebelumnya dan non aktif pada posisi jabatan tersebut.

Secara juridis memang Firli sudah tidak ada lagi jabatan di POLRI. Jadi, memang tidak ada jabatan yang diamanahkan kepadanya secara struktural. Tidak juga ada ketentuan yang dilanggar. Kondisi ini sama juga dengan Hakim Albeetina Ho. Karena itu, dalam konteks ini tinggal memandangnya dari segi estika. Silahkan publik dan Firli serta Albertina ho yang memahaminya.

(Foto ist)

 Oleh Widhie Kurniawan

Tentang Penulis

Munjir Permana

Editor

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00