• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Kasus Narkoba dan Dilema Lanjutkan Hukuman Mati atau Tidak

14 February
08:18 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Selebgram atau serupa artis dengan nama LL atau Alyuna Putri atau dahulu bernama Muhammad Fatah, menyatakan penyesalannya telah menggunakan obat-obatan jenis narkoba. 

Memang begitulah juga sejumlah artis atau selebgram atau tokoh populer manapun yang tertangkap menggunakan narkoba. Dulu juga ada Nunung, pelawak srimulat ditangkap polisi kasus narkoba. Dulu sekali ada doyok. Belum lama ini ada penyanyi Zul Zhivilia alias Zulkufli. Penyanyi 'Aishiteru' itu kena hukuman 18 tahun penjara.

Lantas bagaimana dengan LL alias Alyuna Putri alias Muhammad Fatah? Ia mengaku menyesal dan minta maaf.

Harusnya sama juga diproses hukum dan dipenjara. Tidak sedikit artis atau tokoh menjalani proses rehabilitasi daripada pemenjaraan. Ini memang pilihan dilematis.

Pemenjaraan justru sering menjadi area belajar menjadi penjahat yang lebih berbahaya. Di dalam penjara, mereka bertemu dengan penjahat lain dan bahkan bandar narkoba kelas kakap. Pilihannya hanya dua, ikut belajar dan menjadi semakin berbahaya, atau mereka kuat untuk menjadi manusia yang bertobat. Lain halnya bila menjalani proses rehabilitasi. Jadi sekali lagi, ini adalah pilihan dilematis.

Namun, sepanjang proses hukum dan aturan hukum di Indonesia seperti itu, dijalani saja. Lain halnya bila ikut serupa dengan Malaysia, hukumannya mati, selesai.

Di Indonesia juga ada hukuman mati, namun hanya pada awal pemerintahan Presiden Joko Widodo saja. Sekarang sudah landai kembali.

Karena itu adalah pilihan dilematis, jadi biarlah aparat penegak hukum yang menetukannya. Namun bagi artis, selebgram atau apapun namanya seperti LL, atau Alyuna Putri atau Muhammad Fatah, hukuman publik pasti harus lebih berat.

Masyarakat punya caranya sendiri menghukum seseorang, seperti apa yang menimpa LL alias Alyuna Putri dan dahulu namanya Mauhammad Fatah, dan itu lebih mengerikan. Demikian komentar. Selamat pagi.

Oleh : Widhie Kurniawan/Redaktur Senior RRI
Foto : Ant/Dhemas Reviyanto

Tentang Penulis

Miechell Octovy Koagouw

Miechell Octovy Koagouw Editor RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00