• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pesan Mulia Presiden Jokowi di Balik Kartu Indonesia Pintar

9 August
08:02 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Dialog Presiden Joko Widodo dalam setiap kesempatan kunjungan dan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) menunjukkan telah menjadi pesan mulia dalam memotivasi anak-anak bangsa agar menjadi sumber daya manusia yang cerdas dan tangguh. 

Presiden berdialog dengan kesederhanaannya, misalnya menunjuk beberapa siswa untuk menyebut isi Pancasila, lalu melontarkan kuis tentang keberagaman, seperti nama suku, nama provinsi dan nama pulau di Indonesia. Mereka yang bisa menjawab pertanyaan itu mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden. 

Memang ada salah satu dialog ketika Presiden bertanya kepada seorang anak untuk menyebutkan nama tujuh provinsi di Indonesia dan si anak tidak bisa menjawab, kemudian semua hadirin tertawa dalam acara tersebut. 

Bagaimana caranya agar si anak tidak jatuh mentalnya akibat ditertawakan, dan di sinilah Presiden berperan memotivasi si anak agar tetap semangat dan tegar menghadapinya. Presiden juga senantiasa menyampaikan pesan keberagaman dalam acara yang biasanya dihadiri ribuan siswa. 

Dalam sebuah acara kemarin, Presiden sempat menyelipkan pesan agar anak-anak jangan takut bahwa dirinya bukanlah seorang Presiden yang diktator atau otoriter. Cara-cara Presiden Joko Widodo dalam memotivasi anak-anak sekolah ini jika boleh dikatakan mirip dengan apa yang dilakukan oleh Pemimpin Jepang di dalam memotivasi rakyatnya dengan semangat bushido untuk meraih kemenangan. 

Presiden Joko Widodo dalam setiap kesempatan mengatakan bahwa dirinya tidak ingin ada anak Indonesia yang putus sekolah. Sebab, persaingan antarnegara di dunia semakin ketat dalam sepuluh sampai tiga puluh tahun ke depan, karena itu membutuhkan sumber daya manusia yang cerdas dan tangguh. 

Pemerintah ingin semua anak harus bersekolah dengan kondisi baik. Bahkan mereka yang putus sekolah bisa melanjutkan melalui program belajar paket A, paket B, dan paket C. Dana yang disediakan dalam program KIP memang masih terbatas dan akan terus ditingkatkan, disamping penggunaannya harus untuk keperluan sekolah, seperti membeli tas, buku, seragam, dan sepatu.

Pesan-pesan Presiden kepada anak-anak sekolah ini memang sangat mulia dan bagaimana anak bangsa mempersiapkan diri dengan baik, disamping jangan lupa ibadah, sembahyang, dan jangan lupa olahraga agar tubuh sehat.

Tentang Penulis

Ida Bagus Alit Wiratmaja

Redaktur Senior

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00