• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pemerintah Harus Tegas Terhadap Pengusaha Yang Hanya Mementingkan Keuntungan Tanpa Memikirkan Kesehatan Masyarakat

10 October
07:54 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta  : Mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan, terutama ikan patin. Ikan patin memiliki kandungan lemak lebih rendah dibanding ikan jenis lain, terutama dua asam lemak esensial DHA yaitu kira-kira sebesar 4,74 % dan EPA yaitu kira-kira sebesar 0,31 %. Kandungan proteinnya juga cukup tinggi  yaitu sekitar 159 gr. Termasuk kandungan kalsium dan fosfor pada tulang.

Agar memberikan manfaat bagi kesehatan,  memilih ikan patin yang sehat, terutama ikan patin dari dalam Negeri sangat penting. Masyarakat  penting untuk mengetahui hal ini, karena saat ini  ikan patin yang tidak sehat asal Vietnam banyak diperjual belikan, di beberapa pasar ritel  di Jakarta,  tanpa izin dari Pemerinrah.

Hasil pengujian tiga sampel ikan dori asal Vietnam yang dilakukan Laboratorium Badan Karantina lkan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) bulan September 2017, diperoleh data bahwa, fillet ikan dori mengandung zat tripolyphosphate, yang melebihi ambang batas dan dapat membahayakan kesehatan konsumen. Produk ikan patin dari Vietnam sendiri diketahui belakangan diperketat masuknya ke Amerika dan jaringan supermarket di Eropa. Salah satu penyebabnya adalah karena diduga ikan patin asal Vietnam mengandung zat antibiotik.

Pemerintah,  harus tegas mengambil tindakan, terhadap pengusaha yang hanya mementingkan keuntungan tanpa memikirkan kesehatan masyarakat Indonesia. Termasuk melarang import fillet (daging tanpa tulang) ikan patin impor asal Vietnam, oleh Kementrian  Kelautan dan Perikanan.

Pemerintah selama ini, hanya membatasi kuota impor fillet patin. Padahal, tantangan Indonesia kedepan akan lebih kompleks, yaitu menghadapi gempuran produk fillet patin impor. Kita harapkan kebijakan baru Penerintah,  dapat membantu petani ikan patin dan produsen fillet patin dapat bersaing dengan produk patin impor, serta menjamin keamanan dan kualitas produk fillet patin impor. (RR/ARN)

Tentang Penulis

Rahman Rifai

Redaktur Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00